Mal Dibuka Hari Ini, Saham-saham Ritel Melesat

Market - Tri Putra, CNBC Indonesia
15 June 2020 13:12
Mall Senayan City Jelang Pembukaan Mall di Jakarta (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Seiring dengan naiknya harga saham-saham perusahaan pemilik mal, saham-saham perusahaan ritel hari ini juga terpantau menghijau.

Kenaikan ini dampak dari dapat dibukanya pusat perbelanjaan alias mal pada hari ini (15/6/20) menurut arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam skema masa transisi Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

"Pusat perbelanjaan atau mal dan pasar yang non-pangan, baru bisa dimulai pada hari Senin tanggal 15 Juni," ujar Anies, di Balai Kota, Selasa (4/06/2020).


Walaupun tidak dapat beroperasi penuh baik secara kapasitas maupun waktu operasi dan harus menaati standar protokol kesehatan yang berlaku, sejumlah 80 mal di DKI Jakarta pada hari ini dibuka kembali.

Dengan dibukanya kembali mal, perusahaan ritel yang banyak menjadi tenant di pusat perbelanjaan tentunya dapat kembali beroperasi, meskipun secara terbatas.

Menyambut hal ini harga saham-saham perusahaan ritel hari ini terpantau terapresiasi.

Kenaikan yang paling tinggi terjadi di saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) yang hari ini terbang 3,33% ke level harga Rp 810/unit. MAPI sendiri merupakan pemegang merek ritel terkenal seperti Zara, Sogo, dan Starbucks.

Gerai-gerai usaha MAPI sendiri biasanya sangat mudah ditemukan di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia.

Sedangkan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang mengoperasikan department store Ramayana juga berhasil terbang 3,33% ke level Rp 645/unit.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(trp/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading