Menhub Longgarkan Aturan, Garuda Tambah Kapasitas 70%

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
09 June 2020 15:35
Citilink , Garuda Indonesia (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai penerbangan BUMN, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) menyatakan telah menambah kapasitas angkut penumpang dalam penerbangannya menjadi 70%.

Pelonggaran pengangkutan penumpang ini disampaikan oleh Kementerian Perhubungan langsung diterapkan perusahaan hari ini, Selasa (9/6/2020).

"Betul [sudah bisa 70%]. [Aturannya keluar] hari ini dan sudah diterapkan oleh Garuda Indonesia," kata Irfan kepada CNBC Indonesia, Selasa (9/6/2020).


Sebelumnya batasan pengangkutan penumpang ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permenhub PM 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Batasan mengangkut penumpang sejumlah 50% dari total kapasitas angkutan umum dihapus. Ketentuan ini sempat berlaku saat ada larangan mudik yang merupakan bagian dari pengendalian covid-19.

Dalam Permenhub PM 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), jumlah penumpang yang tadinya dibatasi 50% menjadi tak diatur secara spesifik dalam aturan baru.

"Misalnya dalam PM 18 kapasitas penumpang pesawat maksimal 50% namun sekarang ada kemajuan yang berarti dalam menjaga protokol kesehatan melalui diskusi yang panjang dari INACA [asosiasi maskapai penerbangan], para airline, dan Gugus Tugas dan Kemenkes. [...] Ini akan dijelaskan dalam SE [surat edaran] dirjen udara dan tidak menutup kemungkinan dilakukan penyesuaian," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers Selasa (9/6/20).

Aturan lebih detail mengenai operasional transportasi udara termuat dalam Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara No 13 Tahun 2020. Dalam regulasi itu, pesawat bisa mengangkut penumpang berkisar antara 70-100% tergantung pada jenis armadanya.

[Gambas:Video CNBC]


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading