Cuan Nyaris 70%, Ini Deretan Saham Top Gainers Pekan Ini

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
06 June 2020 11:27
Ilustrasi Bursa, Pergerakan Layar IHSG di Gedung BEI Bursa Efek Indonesia  (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam sepekan terakhir, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami apresiasi sebesar 4% lebih. Di saat yang sama saham-saham paling cuan pekan ini menghasilkan return yang fantastis, nyaris 70%.

Melesatnya IHSG pekan ini mengekor bursa saham global yang sedang sumringah akibat berbagai berita baik. Roda ekonomi yang diputar kembali di banyak negara mampu membuat aset-aset berisiko seperti saham mengalami penguatan. 

Selain kembali dibukanya perekonomian, sentimen positif lain juga datang dari kawasan Benua Biru. Pada pekan ini bank sentral Uni Eropa (ECB) mengumumkan akan menambah stimulus sebesar 600 miliar euro untuk program pembelian aset-aset finansialnya.


Dengan demikian secara total bank sentral yang dipimpin oleh Christine Lagarde itu akan menggelontorkan stimulus sebesar 1,35 triliun euro. Kedua sentimen positif ini nyatanya mampu mengerek IHSG pekan ini. 

Saham-saham small dan mid cap masih mengisi deretan saham-saham paling cuan di sepanjang satu minggu terakhir. Lima saham dengan apresiasi harga tertinggi sepekan terakhir menawarkan imbal hasil antara 39% - 69%.

Berikut ini adalah daftar saham dengan kenaikan harga paling tinggi (top gainers) seminggu terakhir, Selasa-Jumat, 2-5 Juni 2020.




Berikut ini adalah profil perusahaan dengan kenaikan harga paling fantastis tersebut :

PT. Indosterling Technomedia Tbk (TECH)
Emiten ini bergerak dalam bidang teknologi informasi. Produk Perusahaan diantaranya Pingpoint.co.id, Duitologi.com, Mancode.id , Karirigogo.com, StockMap, Sterling Alpha, Sentinel, Edufecta, LOKAmedia, KAWN.

Perusahaan ini baru melantai di bursa pada 4 Juni 2020. Nilai kapitalisasi pasarnya mencapai Rp 339 miliar. 

PT. Multipolar Technology Tbk (MLPT)
Perusahaan Grup Lippo ini bergerak di bidang jasa, perdagangan umum, industri, percetakan dan transportasi darat. Perusahaan juga menjalankan kegiatan usaha utamanya yang meliputi industri jasa telekomunikasi dan teknologi.

Perusahaan bertindak sebagai agen, perwakilan, pemegang lisensi waralaba, yang menjalankan usaha di bidang perdagangan umum, industri komputer dan periferal, dan industri peralatan transmisi telekomunikasi. Nilai kapitalisasi pasar emiten ini sebesar Rp 1,66 triliun.

PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN)
Emiten Grup Kresna ini bergerak di bidang jasa investasi lewat anak usaha di bidang pialang efek dan underwriting. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial sejak dua puluh tahun silam atau tepatnya pada 4 Juli 2000. Nilai kapitalisasi pasarnya mencapai Rp 1,82 triliun.

PT. Eterindo Wahanatama Tbk (ETWA)
Perusahaan ini bergerak dalam perdagangan dan distribusi Biodiesel Fatty Acid Methyl Ester - (FAME) dan bahan kimia lainnya. Perusahaan memulai kegiatan komersialnya sejak 24 tahun silam atau tepatnya tahun 1996. Nilai kapitalisasi pasar emiten ini mencapai Rp 87,15 miliar. 

PT. Sentra Food Indonesia Tbk (FOOD)
Perusahaan terbuka ini bergerak dalam bidang penjualan daging segar dan pengolahan makanan dan minuman melalui entitas anak. Perusahaan sudah mulai beroperasi secara komersial dalam 16 tahun terakhir. Nilai kapitalisasi pasar perusahaan hingga pekan ini mencapai Rp 74,1 miliar.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]





(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading