Begini Protokol Lengkap BRI Selama Pandemi COVID-19

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
05 June 2020 20:26
Strategi BRI Hadapi The New Normal
Jakarta, CNBC Indonesia- Menuju era new normal di tengah pandemi COVID-19, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) juga mempersiapkan strategi untuk beradaptasi. BRI pun mempersiapkan protokol selama Pandemi COVID-19 dan di masa new normal.

Protokol pertama meliputi pekerja dan jaringan, dimana BRI akan menerapkan kerja yang fleksibel, transformasi cabang, alternatif co-working space, dan penerapan protokol kesehatan. Kedua, IT dan digital dengan mengedepankan kehandalan sistem dan jaringan serta keamanan sehingga masyarakat mudah dan aman bertransaksi perbankan BRI.

Ketiga, protokol bisnis BRI mengubah produk, bisnis proses dan operasional menyesuaikan perilaku masyarakat seperti dengan menghadirkan pinjaman digital dan simpanan digital dengan tetap tumbuh sehat melalui pertumbuhan yang selektif.


"Sejatinya transformasi sudah dijalankan oleh Bank BRI sejak 2016. Objek transformasi BRI dilakukan di dua area, yakni digital dan culture dan pandemi yang terjadi menjadi akselerator transformasi tersebut," ujar Direktur Utama Bank BRI Sunarso, dalam siaran resminya, Jumat (05/06/2020).


Komitmen BRI dalam menjaga kualitas bisnisnya dengan selective growth di tengah pandemi tercermin dari kinerja hingga akhir kuartal I-2020. Penyaluran kredit BRI tercatat sebesar Rp. 930,7 triliun atau tumbuh 10,1% year on year, pertumbuhan ini di atas rata rata industri perbankan nasional.

Di samping terus mengucurkan kredit, BRI juga gencar melakukan restrukturisasi pinjaman usahamikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terdampak COVID-19. Hingga akhir Mei 2020 tercatat
BRI telah melakukan restrukturisasi terhadap 2,3 juta pelaku UMKM dengan total pinjaman mencapai Rp 140,24 Triliun.

"Dengan strategi yang telah disiapkan dan dengan pengelolaan manajemen risiko yang memadai, Bank BRI optimistis dapat melalui pandemi ini dengan tetap menjaga kualitas bisnisnya serta mencapai visi untuk menjadi The Most Valuable Bank and Home To The Best Talent," pungkas Sunarso.
Strategi BRI Hadapi The New NormalFoto: Strategi BRI Hadapi The New Normal

Sebelumnya pada masa pandemi ini BRI juga menerapkan tiga protokol yang mencakup People's first, dilakukan penyesuaian jam kerja operasional, split operation, dan bekerja dari rumah. Kemudian akan dilakukan ketentuan jaga jarak fisik bagi pekerja dan nasabah, serta fasilitas preventif berupa masker, vitamin, dan yang lainnya.


Kedua protokol IT dan digital, dimana BRI berkomitmen mengoptimalisasi inisiatif digital seperti BRI Stars berupa BRI Stars, BRI Spot untuk proses pinjaman secara digital, BRISIM, dan BRISMART.

Ketiga, protokol di sisi bisnis untuk menjaga kualitas dengan melakukan restrukturisasi sesuai POJK No 11 Tahun 2020, dan pertumbuhan selektif sektor pertanian, obat-obatan, alat kesehatan, e-commerce, dan logistik.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading