Bos Bakrie: Proyek Gasifikasi Rp 36 T Serap 5.000 Pekerja

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
29 May 2020 16:38
Bumi Resources Kaji Rencana Gasifikasi Batu Bara (CNBC Indonesia TV)
Jakarta, CNBC Indonesia - Konsorsium Grup Bakrie memperkirakan investasi sebesar US$ 2,5 miliar atau Rp 36,62 triliun (kurs Rp 14.646/US$) proyek metanol di Batuta Industrial Chemical Park, Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan Timur akan menyerap hingga 5.000 pekerja dalam 4 tahun ke depan.

CEO and President Director PT Bakrie & Brother Tbk (BNBR), Anindya Novyan Bakrie, mengatakan, progres pembangunan pabrik akan dimulai pada kuartal I-2021 dan diperkirakan selesai di kuartal III-2023. Sedangkan, produksi baru dapat dilakukan pada kuartal pertama 2024.

"Kita harap di awal yang langsung terserap 1.000 orang pekerja di kawasan Batuta, tapi total dalam 4 tahun langsung tidak langsung bisa menyerap 5.000 orang," terang Anindya, dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, Jumat (29/5/2020).



Dalam proyek tersebut, konsorsium Bakrie dan PT Ithaca Resources akan menggenggam 40% kepemilikan saham. Sedangkan 60% lainnya digenggam oleh Air Products, sebagai investor utama yang akan membangun pabrik di kawasan mulut tambang batu bara milik PT Kaltim Prima Coal (KPC), anak usaha PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Anin mengatakan, nantinya Grup Bakrie akan fokus memasarkan gasifikasi batu bara untuk kebutuhan di dalam negeri. Metanol salah satu jenis bahan bakar alternatif seperti biodiesel untuk mesin pembakaran dalam dan beberapa jenis mesin lainnya dan menghasilkan nilai tambah dari batu bara yang sebelumnya hanya sebagai sumber energi.

"Nilai tambah dari batu bara yang sebelumnya bahan baku menjadi bahan yang menghasilkan sesuatu yang lebih, ini bisa jadi bahan bakar biodisel, turunan metanol banyak, bisa plastik, bisa otomotif bahkan peramu obat seperti parasetamol," lanjutnya.

Sebagai informasi, Air Products and Chemicals, Inc. adalah salah satu perusahaan tercatat di New York Stock Exchange (NYSE) alias bursa Wall Street. Fokusnya menjual gas dan bahan kimia untuk keperluan industri. Perusahaan dengan kode saham APD ini berbasis di Allentown, Pennsylvania, di wilayah Lehigh Valley, Pennsylvania, AS.



Sedangkan, Ithaca Resources adalah perusahaan pertambangan batu bara di Kabupaten Berau dan Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.


[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading