Bos Bappenas: Pertumbuhan Ekonomi RI 2020 Bisa 1%

Market - Savira Wardoyo, CNBC Indonesia
12 May 2020 12:10
Suharso (CNBC Indonesia/Tri Susilo)
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan Pusat dengan tema "Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial" secara virtual, Selasa (12/5/2020).

Saat memberikan pidato pembukaan, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyinggung perihal pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini. Seperti diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan pertumbuhan PDB RI di Q1-2020 2,97%. Sedangkan untuk sepanjang tahun ini, outlook Bappenas, yaitu -0,4% hingga 2,3%.

"Kalau saya pribadi saya mencatatnya tidak 2,3%, saya mencatatnya di bawah 2,3% tapi masih positif," ujar Suharso.




Menurut dia, kontraksi lebih dalam akan terjadi pada Q2-2020.

"Juli mungkin akan lumayan tergantung bagaimana pemulihan ekonomi kita. Saya cuma hanya memikir dia (pertumbuhan ekonomi) di bawah 2,3%, bahkan bisa 1%, ini bapak dirjen anggaran (Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani) akan sakit kepala karena pendapatan negara akan tergerus," kata Suharso.

Bappenas juga mencatat akan ada tambahan pengangguran sebanyak 4,22 juta orang dibandingkan tahun lalu. Sementara tahun depan, penciptaan kesempatan kerja diperkirakan 2,3 juta hingga 2,8 juta orang. Kemudian jumlah penduduk miskin bertambah sekitar 2 juta pada akhir 2020 dibandingkan September 2019.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading