McDonalds Tutup, Begini Penampakan Sarinah Setelah Dirombak?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
08 May 2020 16:45
Sarinah Thamrin Usai Kerusuhan 22 Mei 2019 (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - McDonalds Sarinah akhirnya resmi akan menutup gerainya secara permanen mulai 10 Mei 2020. Hal ini karena adanya permintaan dari manajemen PT Sarinah (Persero) untuk merevonasi pusat pusat belanja ikonik itu.

Rencana ini sebetulnya sudah bergaung pada akhir tahun lalu. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mewacanakan merombak Sarinah melaui unggahan video di laman Instragramnya pada 27 Desember 2019.

"Saya berkunjung ke Sarinah kemarin, selain mencari beberapa barang untuk isi kantor, saya ingin melihat langsung proses bisnis dan juga kondisi Sarinah saat ini. Ternyata memang banyak hal yang harus dibenahi. Pembaharuan perlu dilakukan untuk dapat tetap bersaing, namun dengan tidak meninggalkan nilai sejarah dari Sarinah itu sendiri," tulis Erick Thohir.



Gayung bersambut, rencana transformasi ini kemudian ditindaklanjuti oleh Direktur Utama PT Sarinah (Persero) GNP Sugiarta saat melakukan kunjungan dan diskusi dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki pada 11 Februari 2020. Nantinya, Sarinah akan menjadi semacam showcase bagi produk-produk UMKM buatan dalam negeri.

"Pada kesempatan tersebut, direksi berdiskusi dengan Bapak Menteri Teten Masduki tentang Transformasi Sarinah dan Trading Hub untuk Usaha Kecil dan Menengah," tulis manajemen Sarinah, di laman perusahaan, dikutip Jumat (8/5/2020).

Seperti apa purwarupa dari Sarinah setelah renovasi yang rencananya akan dilaksanakan pertengahan tahun ini?

Sarinah MaketFoto: Dok Ist
Sarinah Maket


Dari informasi yang diperoleh CNBC Indonesia dari kalangan pelaku pasar, gedung Sarinah yang baru akan lebih bernuansa keindonesiaan. Pada maket gedung Sarinah yang baru, nantinya terdapat area garden rooftop, cafe dan bar serta fasilitas lounge. Fasad utama bangunan ini juga akan diganti lebih digitak interaktif.

Sedangkan pada area teras yang dinamai Teras Srikandi, nantinya ada plaza yang dibuat multi-fungsi.

CNBC Indonesia sudah mengonfirmasi maket ini kepada Direktur Utama PT Sarinah (Persero) GNP Sugiarta, namun hingga berita ini diturunkan, telepon maupun pesan singkat belum direspons.




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading