Perhatian! Mulai Dini Hari, Bisa Terbang dengan Garuda Lagi

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
06 May 2020 15:54
KBRI Colombo Repatriasi 335 Pekerja Migran Indonesia ke Denpasar dengan Garuda Indonesia. Dok: KBRI
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) menyatakan sore ini pukul 15.00 WIB akan kembali melakukan penjualan tiket penerbangan untuk penerbangan yang dimulai pada Kamis (7/5/2020) pukul 00.00 WIB.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan maskapai pelat merah yang dipimpinnya ini akan mulai terbang mulai malam nanti.

"Jam 3 siang ini Website Garuda on untuk mulai buka reservasi penerbangan. Garuda terbang kembali tanggal Kamis, 7-Mei-2020 Jam 00.00," kata Irfan kepada CNBC Indonesia, Rabu (6/5/2020).

Adapun layanan penumpang di semua moda transportasi kembali dibuka mulai Kamis, 7 Mei 2020. Namun, pemerintah menegaskan layanan transportasi ini disediakan bukan untuk para pemudik, tapi untuk keperluan pergerakan orang non mudik.


"Bahwa antisipasi mudik lebaran tahun ini, di tengah kita hadapi pandemi Covid-19, dilakukan suatu pembahasan yang sangat intensif oleh Presiden dan kabinet. Oleh karenanya ada suatu konsistensi dari pak Presiden dan kabinet bahwa tetap tidak mudik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat bersama Komisi V DPR RI yang berlangsung virtual, Rabu (6/5/20).

"Rencananya, operasinya itu mulai besok 7 Mei. Pesawat, segala macam, dengan [mengangkut] orang-orang khusus [saja]. Tapi tidak boleh mudik sekali lagi," lanjutnya.

Dibukanya transportasi ini seiring dengan terbitnya aturan baru dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Regulasi itu berupa surat edaran yang merupakan aturan turunan dari Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 25 tahun 2020 soal larangan mudik.

Budi Karya bilang, surat edaran ini dibutuhkan untuk memberikan acuan teknis dalam penyelenggaraan transportasi saat terjadi larangan mudik. Surat ini diterbitkan juga mempertimbangkan rekomendasi dari Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.


[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading