Corona Melanda, Anak Usaha Indomobil Rights Issue Rp 427 M

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
30 April 2020 14:13
Indomobil (dok.indomobilnissan.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS), anak usaha PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS), akan menerbitkan sebanyak 2,88 miliar saham baru (rights issue) atau setara dengan 50% dari jumlah saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), melalui mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Penerbitan saham baru ini untuk memperkuat struktur modal. Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan ke BEI, nilai nominal saham baru tersebut ditetapkan sesar Rp 200/unit, di mana saham baru ini bersumber dari portepel.

Adapun harga pelaksanaan rights issue ini belum ditetapkan, tapi berdasarkan harga rata-rata saham IMJS hari ini Rp 148/saham, maka dengan besaran saham 2.884.775.000 yang akan diterbitkan, perseroan diperkirakan bisa memperoleh dana segar sekitar Rp 427 miliar dari para pemegang saham. 

"Peningkatan modal perseroan dalam jangka panjang diharapkan dapat meningkatkan daya saing usaha dan peningkatan hasil investasi bagi pemegang saham perseroan. Selanjutnya bagi para pemegang saham yang tidak menggunakan haknya untuk melakukan pembelian saham baru sesuai dengan HMETD maka akan mengalami penurunan kepemilikan saham (dilusi)," sebut direksi dalam keterbukaan tersebut. 

Menurut rencana, rencana rights issue ini akan menjadi agenda dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada 8 Juni 2020. Untuk kemudian mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 




[Gambas:Video CNBC]




(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading