Kabar Baik, Kalbe Siap Produksi Obat Covid-19

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
15 April 2020 09:23
kalbe farma
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen farmasi dalam negeri PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) tengah bersiap untuk memproduksi obat Covid-19 dalam waktu dekat. Untuk melakukan produksi ini, perusahaan akan bekerja sama dengan perusahaan farmasi asing.

Direktur Utama Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan perusahaan melakukan research and development bersama dengan partner perusahaan asing tersebut. Ia memberikan catatan obat Covid-19 ini tak hanya akan dibutuhkan saat ini tetapi akan dibutuhkan masyarakat jangka panjang.

"Sedang dalam proses persiapan, mudah-mudahan bulan Mei-Juni depan sudah bisa... Iya kolaborasi dengan partner dari luar negeri," kata Vidjongtius kepada CNBC Indonesia, Selasa (14/4/2020).



Dia masih enggan menyampaikan detail rencana produksi tersebut. "Nanti setelah final baru dijelaskan," tegasnya.

Dalam kondisi pandemi saat ini, dia menjelaskan, konsumen masih memburu produk vitamin dan suplemen untuk menunjang kesehatan tubuh.

Sementara itu, dari sisi kinerja sepanjang tahun lalu perusahaan mencatatkan laba bersih Rp 2,51 triliun pada tahun 2019, atau hanya naik tipis 2% dari tahun sebelumnya Rp 2,46 triliun.

[Gambas:Video CNBC]



Berdasarkan publikasi laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), kenaikan laba bersih ini seiring dengan total penjualan yang naiksingle digit7,4% menjadi Rp 22,63 triliun dari Rp 21,07 triliun.

Penjualan terbesar dari pasar domestik yakni bisnis distribusi dan logistik Rp 7,37 triliun, dari Rp 6,37 triliun, penjualan produk nutrisi Rp 6,38 triliun dari Rp 6,02 triliun, dan penjualan obat resep naik menjadi Rp 4,70 triliun dari Rp 4,38 triliun.

Untuk ekspor, penjualan terbesar dari produk kesehatan Rp 474,05 milyar dan obat resep Rp 469,27 milyar.


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading