Melawan Corona

Ada Corona, Pabrik Baju Militer Sritex Ikut Buat Masker & APD

Market - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
27 March 2020 10:35
Ada Corona, Pabrik Baju Militer Sritex Ikut Buat Masker & APD
Jakarta, CNBC Indonesia - Produsen tekstil yang terkenal dengan produksi seragam militer yang mendunia PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL)/Sritex, diam-diam ikut memproduksi masker hingga alat pelindung diri (APD) untuk kepentingan penanganan corona. Pabrik Sritex yang berlokasi di Jetis, Sukoharjo, Solo, Jateng ini memproduksi masker dan APD khusus dalam penanganggulangan corona.

Produk masker yang dibuat Sritex adalah masker non medis anti microbial dan anti air. Harganya dibanderol Rp 5.500 untuk pembelian minimal 1000 pcs, begitu juga dengan APD khusus anti micorbial dan anti air, harganya Rp 1 juta untuk pembelian 10 pcs minimal.

"Betul, membantu social distance dan pakai masker," kata Direktur Utama PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL)/Sritex Iwan Setiawan Lukminto saat ditanya apakah produknya dibuat dalam rangka penanganan corona kepada CNBC Indonesia Kamis (26/3).



Iwan menegaskan selain menjual komersial, pihaknya juga memastikan melakukan donasi masker dan APD untuk membantu pemerintah.

Seperti diketahui masker hingga APD menjadi persoalan pelik saat tenaga medis sedang berjuang melawan corona di RS. Pemerintah sempat mendatangkan alat medis hingga APD ke China. Di sisi lain, produsen APD di dalam negeri juga banyak jumlahnya. Ia mencontohkan Sritex salah satunya.

Pembina Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat sempat mengatakan banyak pabrik garmen di Indonesia yang bisa memproduksi APD, switch dari garmen ke APD, tapi bahan bakunya memang terbatas.

"Kalau kebutuhan mendesak dan jumlah makin besar maka industri tidak siap secara langsung, karena bahan baku harus di pesan dulu itu makan waktu lagi jadi total jeda waktu yang di butuhkan sekitar 1 bulan," kata Ade.


[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading