Harga Emas Melesat 1% Lebih, Kuat Berapa Lama?

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
20 March 2020 10:19
Harga Emas Melesat 1% Lebih, Kuat Berapa Lama?
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam dua pekan terakhir, harga emas telah merosot tajam. Kenaikan harga emas yang terjadi pada hari ini tetap harus diwaspadai mengingat sentimen di pasar sedang risk off dan lebih condong pada aset berupa cash.

Harga emas global di pasar spot naik 1,03% ke level US$ 1.484/troy ons pada perdagangan hari ini, Jumat (20/3/2020). Dalam dua pekan terakhir harga emas telah tergelincir lebih dari 10%.

Saat COVID-19 merebak, logam mulia emas diburu. Harga emas pun naik. Namun setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendeklarasikan wabah COVID-19 sebagai pandemi, pasar keuangan porak poranda.



Bursa saham global kebakaran hebat. Banyak orang keluar dari surat utang pemerintah AS yang dianggap sebagai safe haven. Tak ketinggalan, emas yang sudah naik tinggi ikut dilikuidasi.

Dibanding berperan sebagai aset safe haven, saat ini emas lebih berfungsi sebagai sumber likuiditas. Ketika bursa saham kebakaran hebat, emas harus dilego untuk menutup margin calls dan menutup kerugian pada investasi yang lain.

Lagi pula saat ini orang-orang cenderung enggan untuk masuk pasar dulu di tengah kondisi yang makin memprihatinkan seperti ini. Sudah hampir 245 ribu orang di dunia dinyatakan positif COVID-19. Lebih dari 80% negara di dunia terjangkiti virus ganas ini.


Kebijakan lockdown sudah diambil oleh berbagai negara di dunia ini dari Italia hingga Malaysia dan Filipina. Saat ini orang cenderung memilih uang tunai sebagai aset yang digandrungi. Ya maklum kondisi lagi kacau.

Indeks Dolar yang mengukur keperkasaan dolar di hadapan enam mata uang lain pun melesat tinggi. Harga emas yang dibanderol dalam dolar pun jadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lain yang berpotensi menekan permintaan.



Jadi walaupun bank sentral di seluruh dunia kompak untuk memangkas suku bunga acuan, tetapi di kondisi genting di tengah pandemi seperti ini, cash kembali dipilih untuk berjaga-jaga. Kenaikan harga emas yang terjadi saat ini tak menutup kemungkinan hanya terjadi secara sementara. Harga emas pun rawan koreksi.




TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading