Astra Jajaki Akuisisi 2 Ruas Tol Milik Waskita Karya

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 March 2020 15:58
Ruas tol yang dibidik Astra tersebut yaitu ruas tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Astra International Tbk (ASII) melalui anak usahanya, Astra Infra dikabarkan sedang dalam proses tender untuk membeli salah satu ruas tol yang dikelola PT Waskita Karya Toll Road (WTR). Ruas tol yang dibidik Astra tersebut yaitu ruas tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang.

Anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT) ini memang sedang dalam rencana mendivestasi empat ruas tolnya pada tahun ini. Empat ruas yang akan dilepas sebagian adalah bagian dari proyek Trans Jawa, antara lain ruas tol Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, serta Pasuruan-Probolinggo. Sementara satu opsi lainnya masih dikaji antara ruas tol Medan-Kualanamu, Semarang Batang, atau Pemalang-Batang.

Direktur Utama PT Waskita Toll Road (WTR) Herwidiakto saat dikonfirmasi membenarkan, Astra termasuk dari salah satu perusahaan yang mengikuti tender, namun belum sampai pada tahap close deal.


"Astra salah satu peserta yang ikut menawar, kalau deal jelas belum," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Kamis (5/3/2020).


Sementara itu, menurut Head of Investor Relations Astra International, Tira Ardianti, tidak menampik bahwa anak usaha Astra selalu menjajaki peluang investasi strategis.

"Astra Infra senantiasa menjajaki berbagai peluang investasi yang baik di jaringan tol Trans Jawa dan Metro Jakarta area," kata Tira saat dikonfirmasi CNBC Indonesia, Kamis (5/4/2020).

Tira menjelaskan, terkait peluang investasi Astra di ruas tol Pejagan, hal tersebut masih dalam proses studi lebih lanjut.

"Semua peluang-peluang yang ada masih dalam proses studi. Kalau segala sesuatunya sudah matang dan siap untuk diumumkan pasti teman teman media juga akan terinformasikan dengan baik," jelasnya.


Sebelumnya, Waskita Toll Road mendivestasi 40% Solo-Ngawi yang dioperasikan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) dan 40% saham di ruas Tol Ngawi-Kertosono- Kediri (PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri/JNK) ke Kings Key Limited, investor asal Hong Kong. Dari divestasi dua ruas ini, perseroan meraih dana Rp 2,5 triliun.

[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading