Terendah Sejak 11 Oktober 2018, IHSG Kurang Semangat Pagi Ini

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
27 February 2020 09:17
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali dibuka di zona merah pada hari ini, Kamis (27/2/2020). Bagaimanapun juga virus corona masih menjadi momok utama pasar saham global yang menciptakan kepanikan sehingga terjadi tekanan jual besar-besaran beberapa hari terakhir.

Pada pembukaan perdagangan Kamis ini, IHSG dibuka di level 5.680,44 atau mencatatkan koreksi 0,15%. Sudah 4 hari beruntun IHSG ditutup terbenam di zona merah. Posisi indeks bursa saham Tanah Air itu pada penutupan perdagangan kemarin merupakan yang terendah 11 Oktober 2018.

Sejak awal tahun hingga kemarin, IHSG berada di zona pesakitan sehingga mencatatkan kinerja minus 9,69%. Baik sentimen eksternal maupun domestik memicu terjadinya aksi jual di bursa saham tanah air. Kemarin saja asing mencatatkan net sell sebesar Rp 1,7 triliun. Jika dihitung sejak awal tahun asing telah keluar dari bursa saham tanah air sebesar Rp 3,66 triliun.


Pasar saham global masih diliputi dengan kecemasan akibat meluasnya penyebaran virus corona yang kini telah menginfeksi lebih dari 81.000 orang dan merenggut lebih dari 2.700 nyawa orang.

Pagi tadi bursa saham Paman Sam ditutup bervariasi. Indeks S&P dan Dow Jones masing-masing tergelincir 0,27% dan 0,33% sementara indeks Nasdaq Composite malah mencatatkan kenaikan 0,23%.

Sementara itu pagi ini bursa saham utama Asia kompak bergerak di zona merah. Berdasarkan data Trading Economics, indeks Nikkei225 (Jepang) melorot 1,61% hari ini.

Senada dengan Jepang indeks Hang Seng (Hong Kong) dan indeks Straits Times (Singapura) juga melemah masing-masing 0,6% dan 0,14%. Indeks bursa saham China yakni indeks Shanghai Composite juga turun %.

Sementara indeks Kospi (Korea Selatan) kembali bergerak di zona merah, jatuh 0,69% setelah secara tak terduga bank sentral Korea Selatan memilih untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan di 1,5% di tengah wabah virus corona yang kini tengah menjangkiti negeri tempat KPOP itu berasal.


[Gambas:Video CNBC]

Virus Corona & Kasus Jiwasraya Masih Hantui IHSG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading