Lagi-lagi Saham IPO Loncat Hingga 70% Saat Listing Perdana

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
14 February 2020 09:48
Lagi-lagi Saham IPO Loncat Hingga 70% Saat Listing Perdana
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan yang bergerak di bidang properti, PT Diamond Citra Propertindo Tbk. (DADA), jadi pendatang baru di Bursa Efek Indonesia. Perseroan mencatatkan saham perdana melalui skema penawaran umum perdana saham atau initial public offering.

Perusahaan melepas sebanyak 2,14 miliar saham baru ke publik atau setara 29,91% saham dengan harga penawaran Rp 102 per saham. Dengan demikian, dari IPO ini, Diamond Citra meraih dana Rp 218,99 miliar.

Pada saat yang bersamaan, Diamond Citra juga menerbitkan menawarkan waran sebanyak 1,61 miliar.

Saat debut perdana melantai di bursa, saham DADA ditransaksikan menguat 69,61% ke level Rp 173 per saham atau naik 71 poin. DADA ditransaksikan sebanyak 823 kali dengan volume 25,26 juta saham. Saat ini, nilai kapitaliasi pasar di BEI mencapai Rp 1,24 triliun.


Presiden Direktur Diamond Citra, Adam menyatakan, IPO ini sebagai langkah perseroan untuk menambah opsi pendanaan dan tata kelola perusahaan yang lebih baik.

"Kinerja Perseroan sampai tahun 2019 masih mencatatkan pertumbuhan yang positif," kata dia saat seremoni pencatatan perdana saham di BEI, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Adam melanjutkan, seluruh dana yang diperoleh perseroan dari IPO ini digunakan untuk meningkatkan setoran modal entitas anak, yaitu PT Arba Propertindo. Sebanyak Rp 199,4 miliar akan digunakan PT Arba Propertindo untuk mengakuisisi lahan di Bogor dan sisanya untuk modal kerja.

PT Arba Propertindo merupakan pengembang dari Dave apartment dan Apple Residence 1 dan Apple Residence 3 dan juga Central Park South Sentul.

Perseroan menunjuk PT Shinhan Sekuritas Indonesia dan PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading