Kemarahan Jokowi yang Berbuah Hasil, CAD Turun Walau Sedikit

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
10 February 2020 13:02
Presiden Joko Widodo (Jokowi) seakan tak pernah bosan menyinggung masalah defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) seakan tak pernah bosan menyinggung masalah defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) yang sudah sejak lama menghantui perekonomian Indonesia.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menegur langsung para Menteri dan banyak menunjukkan beberapa mimik kekecewaannya. Namun, data terakhir menunjukkan beberapa hal yang sedikit menggembirakan.

Defisit neraca transaksi berjalan [CAD/Current Account Deficit] pada 2019 tercatat sebesar US$ 30,4 miliar atau 2,72% dari PDB. Defisit tersebut membaik dibandingkan dengan defisit pada tahun sebelumnya sebesar 2,94% dari PDB di 2018.


Kemarahan Jokowi yang Berbuah Hasil, CAD Turun Walau SedikitFoto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan ribuan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Kulon Progo, Yogyakarta. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman)


Data Bank Indonesia (BI), Senin (10/2/2020) menyebutkan perbaikan CAD tersebut terutama ditopang oleh neraca perdagangan barang yang mencatat surplus, berbeda dibandingkan tahun sebelumnya yang mengalami defisit.

"Neraca perdagangan barang yang mencatat surplus dipengaruhi oleh surplus neraca perdagangan nonmigas yang meningkat serta defisit neraca perdagangan migas yang menurun," tulis BI dalam keterangannya.

Masalah CAD >> NEXT

Perbaikan Transaksi Berjalan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading