Geger Taspen Disebut Telat Bayar Pensiunan PNS, Ini Faktanya

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
08 February 2020 20:16
Kabar PT Taspen terlambat membayar pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sempat hangat.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar PT Taspen terlambat membayar pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sempat hangat. Informasi ini sempat mengemuka di media sosial belum lama ini.

Dalam keterangan resmi PT Taspen disampaikan, pensiunan yang mengalami keterlambatan pembayaran pensiunan disebut tidak menyampaikan Surat Pernyataan Tanda Bukti Diri (SPTB) per Desember 2019.

"SPTB merupakan salah satu bentuk otentikasi yang menjadi persyaratan untuk membuktikan bahwa pensiunan tersebut masih hidup dan berhak atas pensiun," tulis keterangan resmi Taspen, yang diperoleh CNBC Indonesia dari Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani, Jumat kemarin (7/2/2020).


Mengingat SPTB tidak diberikan kepada Taspen dari pensiunan, maka sejak Januari 2020 pensiunan disetop. Pensiunan harus kembali menyerahkan SPTB pada Januari 2020.

"Pensiunan Januari 2020 dibayarkan kembali menggunakan dana Non Dapem Januari yang dibayar langsung saat itu juga," bunyi penjelasan tersebut.



Sementara itu, untuk pensiunan induk Februari 2020, sudah terlanjur diajukan oleh Taspen kepada Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) tanpa nama-nama pensiunan yang disetop tersebut.

"Sehingga mereka dibayarkan dengan susulan pensiun Februari," imbuhnya.

Adapun, untuk pensiun induk Maret 2020, nama-nama pensiunan yang sebelumnya disetop akan kembali dimasukkan ke dalam tagihan pensiun induk periode Maret 2020.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, penyampaian SPTB sangat penting untuk memastikan bahwa pensiunan yang dimaksud tetap mendapatkan haknya sesuai peraturan perundang-undangan.

"Supaya Taspen tidak salah bayar, orangnya yang sudah tidak ada. Sebagai bukti otentifikasi, yang berlaku dalam pengelolaan pensiun secara umum," tutur Askolani kepada CNBC Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Dikabarkan Bantu Jiwasraya, Yuk Intip Kinerja Taspen


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading