BRILink Kalahkan OVO & GoPay Cs, Ternyata Ini Penyebabnya!

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
29 January 2020 18:43
BRILink Kalahkan OVO & GoPay Cs, Ternyata Ini Penyebabnya!
Jakarta, CNBC Indonesia - Transaksi elektronik BRILink, agen bank milik PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (bank BRI) mencatatkan angka yang fantastis mencapai Rp 673 triliun sepanjang tahun lalu.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) Rabu (29/1/2020) angka ini mengalahkan 42 penyelenggara uang elektronik yang jumlah transaksinya Rp 186,5 triliun pada periode yang sama.



Padahal setiap bulannya, jumlah transaksi ke-42 penyelenggara uang elektronik tersebut terus mengalami peningkatan, misalnya sepanjang Januari 2019 mencapai Rp 5,8 triliun. Angka ini naik terus setiap bulannya atau lebih dari 3 kali lipat menjadi Rp 16,9 triliun sepanjang Desember 2019.


Sementara itu, jika melihat jumlah uang elektronik yang beredar di masyarakat, jumlahnya juga terus mengalami peningkatan. Sepanjang Januari 2019, setidaknya 173 juta uang elektronik yang beredar.

Angka tersebut mengalami kenaikan yang signifikan menjadi Rp 292,2 juta sepanjang Desember 2019.

Adapun ke-42 penerbit uang elektronik tersebut mulai dari Bank BCA-Flazz, Bank Mandiri-e money, Bank BNI-Tap Cash, Bank BRI-BRIZZI, PT Dompet Anak Bangsa-GoPay, PT Visionet Internasional-OVO hingga PT Fintek Karya Nusantara-LinkAja.

Peran uang elektronik tersebut juga beragam, mulai dari sebagai alat pembayaran transportasi, layanan pesan-antar makanan, pembayaran tagihan, hingga beberapa diantaranya juga bisa melakukan transfer sejumlah uang.

Selanjutnya bandingkan dengan BRILink milik Bank BRI, di mana hingga akhir Desember 2019 tercatat 422.160 orang telah menjadi Agen BRILink di seluruh Indonesia. Angka ini tumbuh dari posisi akhir Desember 2018 sebanyak 401.550. Artinya, per hari sebanyak 56 orang bergabung menjadi Agen BRILink.

Sepanjang Januari hingga Desember 2019, Agen BRILink berhasil memproses 521 juta transaksi finansial. Apabila dibagi dengan jumlah hari kalender sebanyak 365 hari, maka terdapat lebih dari 1,4 juta transaksi finansial per hari atau 59 ribu transaksi per jam.


Peran Agen BRILink di tengah masyarakat nyatanya tidak hanya menyediakan layanan transaksi perbankan semata. Agen BRILink juga memfasilitasi masyarakat yang ingin mendapatkan akses asuransi mikro milik BRI yang disebut AM-KKM (Asuransi Mikro - Kecelakaan, Kesehatan dan Meninggal Dunia).

Selain itu Agen BRILink berperan dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah, berlaku sebagai agen penyalur Bantuan Sosial Non Tunai dan sarana pembayaran zakat untuk mendukung program Inklusi Zakat.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading