Bos KRAS Bicara Soal Rencana IPO Anak Usaha, Kapan?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
29 January 2020 09:23
Hingga saat ini belum ada realisasi yang mengenai aksi korporasi tersebut.
Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) mendivestasi anak usahanya melalui pasar modal masih belum terang. Manajemen masih belum berani bicara banyak soal rencana tersebut. 

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim mengakui hingga saat ini masih melakukan kajian mengenai rencana penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) anak usahanya ini.

"[Rencana IPO] Masih dikaji," kata Silmy di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Sebelumnya, perusahaan baja pelat merah ini memang berencana untuk melepas anak usahanya di lantai bursa. Antara lain PT Krakatau Tirta Industri, PT Krakatau Bandar Samudera, dan PT Industrial Estate.


Seperti diketahui, pada 2019 lalu tak ada satupun anak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ataupun perusahaan BUMN yang melantai di bursa. Dari 33 emiten baru di tahun ini, tak ada satupun yang berasal dari perusahaan pelat merah.

Kondisi ini jelas-jelas berbanding terbalik dengan tahun lalu, dimana jumlah perusahaan tercatat membludak menjadi sebanyak 57 perusahaan. Tiga diantaranya merupakan anak usaha BUMN, antara lain PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU), PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IPCC) dan PT Phapros Tbk. (PEHA).

[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading