Punya 422 Ribu Agen, BRI Raih Pendapatan Rp788 M dari BRILink

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
23 January 2020 19:24
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencatat Fee Based Income (FBI) atau pendapatan non-bunga hingga Desember 2019 mencapai Rp 14,29 triliun,
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencatat Fee Based Income (FBI) atau pendapatan non-bunga hingga Desember 2019 mencapai Rp 14,29 triliun atau naik 20,1% dibanding tahun lalu.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan Dengan pertumbuhan FBI yang signifikan ini, untuk pertama kalinya bagi Bank BRI mencatat Fee Income to Total Income Ratio mencapai double digit hingga 10%.


"Melalui inovasi dan digitalisasi, perseroan terus menciptakan sumber-sumber pendapatan berbasis non bunga untuk menjaga tingkat profitabilitas," katanya di Jakarta, Kamis (23/1/2020).


Salah satu inovasi produk dan layanan yang memberikan dampak bagi pertumbuhan FBI adalah Agen BRILink. Hingga akhir tahun 2019, Bank BRI memiliki 422 ribu agen dengan transaksi mencapai 521 juta kali transaksi finansial dengan volume mencapai Rp 673 triliun.

"FBI yang dihasilkan oleh agen BRILink tercatat mencapai Rp 788,7 miliar atau tumbuh 75% dibanding tahun lalu," imbuhnya.

Bank BRI memang terus meningkatkan layanan keuangan termasuk kepada generasi Z melalui agen BRILink. Bank BRI juga menyiapkan platform pembukaan rekening berbasis mobile apps yang akan dilekatkan kepada Agen BRILink.

Dengan cara ini, Agen BRILink bisa menjadi perpanjangan tangan petugas customer service yang selama ini bertugas melayani pembukaan rekening di Unit Kerja BRI.


Tak hanya itu, Bank BRI juga berencana memprospek para wirausaha millennials untuk menjadi Agen BRILink Xpress. Keunggulan layanan ini adalah dapat melayani transaksi pembelian barang dan pembelian tiket transportasi melalui marketplace.

Selain mendorong inklusi keuangan, tingginya pertumbuhan Agen BRILink mampu meningkatkan tingkat literasi keuangan kepada masyarakat. Hal ini sesuai dengan semangat pemerintah untuk membangun dan mengembangkan ekonomi yang berkelanjutan.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading