Sri Mulyani Sebut Penjaminan Polis Asuransi, Apa Kata LPS?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
22 January 2020 17:59
Sri Mulyani Sebut Penjaminan Polis Asuransi, Apa Kata LPS?
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) masih menunggu keputusan pemerintah dan parlemen untuk pembentukan lembaga penjamin polis asuransi.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pun menyebut pembentukan lembaga ini sedang dalam tahap pengkajian dan penyelarasan dengan UU yang sudah ada saat ini.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan hingga saat ini LPS beroperasi sesuai dengan UU yang berlaku, namun tak tertutup kemungkinan jika ke depan pemerintah dan parlemen memutuskan untuk melebur penjaminan polis ke lembaganya.

"Ya ini kan kalo LPS sekarang ini berdasar UU LPS hanya menjamin perbankan, dana simpanan perbankan. Kalau nanti ada keinginan pemerintah bersama DPR membentuk lembaga penjamin polis itu tentu perlu suatu aturan lagi, terserah pemerintah dan DPR," kata Halim di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/1/2020).


Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan lembaga penjaminan polis sebetulnya menjadi amanat dari UU Nomor 40 tahun 2014 tentang Perasuransian.

"Untuk lembaga penjamin polis berdasarkan amanat UU 40, kami susun tentu melalui dan menggunakan rambu-rambu yang bertujuan untuk menciptakan kepercayaan terhadap lembaga asuransi namun bisa mencegah moral hazard," kata Sri Mulyani usai pertemuan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Rabu (22/1/2020).

Kementerian Keuangan akan mempelajari skema yang ada di Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menjaminkan dana nasabah perbankan, sehingga tim Kementerian Keuangan bisa menggodok aturan soal penjaminan polis tersebut.

"[Kami] akan belajar dari LPS karena ini adalah untuk perbankan, sedangkan lembaga penjaminan polis untuk asuransi jadi tim kami di Kemenkeu dalam proses untuk menggodok dan mengumpulkan berbagai hal, menjalankan amanat UU 40 2014 mengenai perasuransian," kata Ketua KSSK ini.



[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading