Roundup

Calon Dirut Garuda Sudah Ada, BPK Investigasi Asabri

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 January 2020 08:34
Calon Dirut Garuda Sudah Ada, BPK Investigasi Asabri

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan lalu, Jumat (17/1/2020) ditutup dengan penguatan tipis 0,09% ke level 6.291,66.

Kinerja IHSG senada dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang juga melaju di zona hijau: indeks Nikkei naik 0,45%, indeks Shanghai terapresiasi 0,05%, indeks Hang Seng menguat 0,6%, dan indeks Kospi bertambah 0,11%.

Terdapat beberapa aksi emiten yang layak disimak untuk dijadikan pertimbangan dalam berinvestasi.



1. Ganti Dirut dan Komut Garuda, Erick: Calon Sudah Ada
Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan bakal mengganti Direktur Utama dan Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA). Calon-calonnya sudah dipegang dan akan diproses dalam Tim Penilai Akhir (TPA).

"Ya memang kan ada beberapa yang penyegaran. Saya rasa garuda kita lagi review, kita lagi ajukan, kita tunggu saja. Kalau proses TPA kan selalu untuk dirut komut pasti ada pilihan nggak sendiri," kata Erick di kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Erick mengatakan, ada tiga calon dirut dan komut Garuda yang diproses oleh Jokowi.


2. Dihantui Oversupply, Penjualan Semen RI Cuma Naik 1,2% di 2019
Penjualan semen mengalami perlambatan pertumbuhan pada 2019. Perlambatan penjualan semen ini harus diwaspadai benar mengingat kapasitas terpasang diperkirakan naik sehingga berpotensi kelebihan pasokan.

Pada 2019 total penjualan semen RI mencapai 76,1 juta ton atau naik 1,2% dibanding tahun sebelumnya (yoy). Jika dibandingkan dengan penjualan dua tahun sebelumnya, maka pertumbuhan volume penjualan pada 2019 merupakan yang paling lambat. Pada 2017 dan 2018 volume penjualan semen tumbuh masing-masing 9,7% (yoy) dan 8,4% (yoy).


3. IHSG Drop, 4 Saham Ini Melesat Lebih dari 20%
Empat saham ini meroket karena penguatannya lebih dari 20% hingga akhir waktu perdagangan di sesi I siang ini, meskipun Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) justru terkoreksi pada sesi pagi.

Keempat saham tersebut adalah PT Eka Sari Lorena Transport Tbk (LRNA) 29,91%, PT Royalindo Investa Wijaya Tbk (INDO) 26,76%, PT Indonesia Prima Property Tbk (OMRE) 25%, dan PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk (IKAI) 21,82%.



4. Berkat Sustainable Bond, BRI Borong Triple A Country Awards
Mengawali tahun 2020, Bank BRI kembali menorehkan prestasi dengan raihan penghargaan berskala internasional dari The Asset, majalah ekonomi terkemuka di Asia. Dalam acara tahunannya, Triple A Country Awards, Bank BRI meraih 2 penghargaan sekaligus, yaitu sebagai "Best Issuer for Sustainable Finance" dan "Best Sustainability Bond". Penghargaan tersebut diterima pada Kamis (16/1) di Hongkong.

Dihubungi terpisah terkait pencapaian tersebut Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo mengaku senang dan bangga bahwa kinerja BRI mendapat pengakuan oleh media internasional seperti the Asset.


5. Kejagung Blokir 156 Sertifikat Tanah Benny Tjokro
Kejaksaan Agung (Kejagung) memblokir aset tanah yang diduga merupakan hasil korupsi dalam kasus megaskandal PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Ada 156 bidang tanah milik Dirut PT Hanson International Tbk (MYRX), Benny Tjokrosaputro atau Bentjok yang ikut diblokir Kejagung.

"Jadi ada 84 (bidang tanah) pemblokiran terhadap tanah tadi yang diduga milik tersangka BT. Kita mintakan ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) kemudian ada 72 (bidang tanah) juga tanah yg diduga milik BT," jelas Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Hari Setiyono di Lobi Gedung Bundar Kejagung Kamis (16/1/2020).


6. BPK Lakukan Pemeriksaan Investigatif atas Asabri
Menindaklanjuti hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang sebelumnya dilakukan terhadap Asabri, BPK memutuskan melakukan pemeriksaan investigatif atas Asabri yang memiliki indikasi permasalahan dalam pengelolaannya.

Hal tersebut disampaikan oleh BPK melalui siaran pers yang disampaikan hari ini.

"Perlu disampaikan bahwa hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi terkait hasil pemeriksaan investigatif Asabri dari BPK. Pernyataan resmi tentang pemeriksaan terkait Asabri akan dinyatakan oleh Ketua dan/atau Wakil Ketua BPK," kata Biro Humas dan Kerja Sama Internasional.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading