Rombak Habis! Erick Sinyalkan Ganti Dirut-Komut Garuda

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
17 January 2020 16:09
Rombak Habis! Erick Sinyalkan Ganti Dirut-Komut Garuda

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir memberi sinyal untuk mengganti direktur utama dan komisaris utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Sinyal tersebut disampaikan Erick dalam acara Indonesia Millenial Summit yang digelar di Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Sebagai informasi, Garuda Indonesia akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 22 Januari mendatang guna melakukan perombakan manajemen.

Tiga agenda dalam RUPSLB tersebut yakni perubahan anggaran dasar perusahaan, pengukuhan pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa BUMN, dan perubahan susunan pengurus perusahaan.


Saat menjadi pembicara, Erick bercerita soal upayanya membenahi perusahaan BUMN dengan menempatkan orang-orang yang dinilai benar dengan rekam jejak baik.


"Atau kita lihat di Pertamina, kita punya dua pimpinan wanita Bu Nicke dan Bu Emna, CEO dan CFO [Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Pertamina dan Emma Sri Martini Direktur Keuangan]. Tapi kita juga perlu juga komisaris yang melindungi mereka bisa mendobrak, seperti Pak Ahok [Basuki Tjahaja Purnama] kan pendobrak," tegas Erick.

Setelah itu, pembawa acara menanyakan apakah Erick juga memastikan pimpinan Garuda seperti yang ramai dibicarakan.

"[Termsusk yang ramai nyari dirut Garuda?] Dirut garuda sesuatu yang menarik, dirut dan komutnya," kata Erick.


Erick juga mencontohkan adanya perombakan di tubuh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk ketika Kementerian BUMN menunjuk Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama dan Pahala N Mansury sebagai Direktur Utama.

Saat ini yang memimpin Garuda ialah Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama Fuad Rizal. Situs resmi Garuda mencatat, Fuad Plt. Direktur Utama/Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko/ Plt. Direktur Operasi/ Plt. Direktur Teknik dan Layanan. Fuad didampingi Pikri Ilham Kurniansyah sebagai Direktur Niaga/ Plt. Direktur Human Capital/ Plt. Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha.

Bongkar Habis! Erick Sinyalkan Ganti Dirut-Komut GarudaFoto: Menteri BUMN Erick Thorir di Millenial Summit (CNBC Indonesia/Cantika Dinda)


Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mencopot lima direksi Garuda yakni Direktur Utama Ari Askhara, Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar, dan Direktur Operasi Bambang Adisurya Angkasa.

Adapun jajaran komisaris Garuda yakni:
Komisaris Utama: Sahala Lumban Gaol
Komisaris: Chairal Tanjung
Komisaris: Eddy Porwanto Poo
Komisaris Independen: Insmerda Lebang
Komisaris Independen: Herbert Timbo Parluhutan Siahaan

 

[Gambas:Video CNBC]




(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading