Mari Elka Jadi Direktur Bank Dunia: Bos BI Beri Selamat

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
10 January 2020 14:45
Mari Elka Jadi Direktur Bank Dunia: Bos BI Beri Selamat
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo merespons terpilihnya Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Perry menyebut, terpilihnya Mari Elka, yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan (2004-2011) dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (2011-2014), era Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono akan berdampak positif bagi negara-negara emerging markets, termasuk Indonesia melalui kebijakan-kebijakan yang akan diterapkan ke depan.

"Selamat kepada Bu Mari Elka yang dipilih menjadi Managing Director World Bank, saya kenal betul dengan Bu Mari, atas nama pribadi dan Bank Indonesia kami mengucapkan selamat selaku pimpinan tertinggi Bank Dunia," ungkap Perry Warjio di Kompleks Bank Indonesia, Jumat (10/1/2020).

"Beliau menangani development policy pembangunan yang akan baik bagi negara-negara di emerging markets, termasuk Indonesia," ungkapnya lagi.


Bank Dunia mengumumkan ditunjuknya Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia. Dalam situs www.worldbank.org, Mari Elka dinilai memiliki kemampuan yang mumpuni baik sebagai ekonom maupun peneliti.

"Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank dalam peran baru yang penting ini bagi institusi kami," kata Presiden Bank Dunia David Malpass, dikutip Jumat (10/1/2020).

"Pengalamannya diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti. Bersama dengan pengalaman kepemimpinannya yang luas dan keterlibatannya dalam forum-forum internasional utama tentang masalah-masalah pembangunan yang penting, akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak kami di Grup Bank Dunia dalam mendukung luas Pertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan."

Mari Pangestu pun mengatakan adalah suatu kehormatan besar dapat bergabung dengan Bank Dunia dalam misi pembangunan vitalnya.

"Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia," katanya dalam situs Bank Dunia tersebut.



[Gambas:Video CNBC]




(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading