Analisis

Mulai Bangkit, Sektor Konsumer Dilirik di Awal Tahun

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
07 January 2020 17:36

Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor konsumer sepertinya patut dijadikan pilihan portofolio investasi tahun ini mengingat naiknya tingkat kepercayaan konsumen dan potensi daya beli masyarakat berpotensi meningkat.

Data bursa pada Selasa (7/1/2019) sektor konsumer naik 1,31%, naik paling tinggi dibandingkan indeks sektoral lainnya dan menyumbang 13 poin bagi penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Saham-saham yang paling mendorong kenaikan ialah PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk/HMSP (+4,65%), PT Gudang Garam Tbk/GGRM (+2,99%), PT Indofood Sukses Makmur Tbk/INDF (+2,5%), PT Mayora Indah Tbk/MYOR (+0,5%).


Sejak awal tahun 2020, sektor berbobot terbesar kedua setelah keuangan tersebut mengalami penguatan 2,4%. Tahun lalu, sektor konsumer anjlok 20,11% dan menjadi sektor paling anjlok di bursa.

Seiring berjalannya waktu, sinyal positif mulai terlihat seiring naiknya angka survei Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang diumumkan Bank Indonesia (BI). Keyakinan konsumen Indonesia pada bulan Desember 2019 naik 2,2 poin menjadi 126,4 dan menjadi yang tertinggi dalam 6 bulan terakhir. 

BI mengatakan konsumen lebih optimis terhadap kondisi ekonomi dalam negeri kedepannya, hal ini dipicu persepsi akan ketersediaan lapangan kerja, penghasilan saat ini, dan pembelian barang tahan lama (durable goods).



Tidak hanya dari sisi konsumen yang optimis, dunia usaha juga optimis. Hal ini tercermin dari data IHS Markit yang mengumumkan angka Purchasing Managers' Index (PMI) manufaktur Indonesia periode Desember yang naik 1,3 poin menjadi 49,5.

PMI manufaktur Indonesia mengalami kontraksi selama enam bulan beruntun. PMI menggunakan angka 50 sebagai titik awal, di bawah 50 berarti dunia usaha belum melakukan ekspansi, namun demikian titik cerah mulai terlihat dengan adanya kenaikan data PMI tersebut.

Beberapa Kebijakan & Peristiwa yang Mendorong Daya Beli Konsumen
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading