Kala Erick Thohir Tinjau Posko Banjir Jakarta-Banten

Market - Muhammad Choirul, CNBC Indonesia
05 January 2020 12:40
Kala Erick Thohir Tinjau Posko Banjir Jakarta-Banten
Tangerang, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meninjau lokasi Posko Banjir BUMN, Minggu (5/1/2020). Erick mengunjungi 2 posko yakni di Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, dan di kawasan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Erick sempat berdialog dengan para pengungsi untuk menanyakan sejumlah kebutuhan. Erick didampingi sejumlah direksi BUMN seperti Direktur Utama PT Angkasa Pura II M Awaluddin, dan Wadirut PT PLN Darmawan Prasojdo.
Erick ingin memastikan, ketersediaan makanan memenuhi kebutuhan untuk para pengungsi di daerah tersebut. Tak luput ketersediaan air bersih pun menjadi perhatian Erick.

"Yang penting ketersediaan air bersih gimana caranya kita cari solusi," ujar Ercik saat meninjau lokasi.


Dalam kesempatan itu, Erick menegaskan bahwa sudah menjadi tugas BUMN untuk hadir memenuhi kebutuhan rakyat. Dia juga menyiapkan sejumlah antisipasi ke depan mengingat data BMKG menyebut curah hujan masih tinggi.

"Kita bukan mendoakan ada lagi. Tetapi data BMKG sepertinya sampai Februari -Maret waspada. Untuk saat ini saya rasa mulai shifting merubah kebutuhan yang dieprlukan masyarakat," kata Erick.

Diketahui hingga Minggu pagi, 5 Januari 2019. Di Posko BUMN Tangerang sendiri terdapat setidaknya 15.232 pengungsi dan telah disalurkan bantuan logistik seperti bahan pokok, akanan siap saji, selimut, air minum, popok bayi, lampu senter hingga toilet portable. Bantuan yang telah disalurkan adalah senilai Rp 261.140.000.

Sementara itu di Posko Pengadegan, Jakarta Selatan. Tim lintas BUMN dari PT Pertamina (Persero) juga telah mendistribusikan bantuan logistik berupa alat kebersihan, mulai dari ember, gayung, hingga karbol kepada warga terdampak banjir yang ingin melakukan pembersihan pasca banjir.

PT Pertamina (Persero) telah menyalurkan bantuan logistik bahan pokok, alat pembersih , makanan siap saji hingga pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga masyarakat terdampak banjir di wilayah Kapuk Muara, Jakarta Utara.

Diketahui di Posko Jakarta Utara yang terdiri dari PT Pertamina (Persero), Pelindo, Pelni, BKI, Pegadaian (Persero) juga telah menyalurkan bantuan logistik yang kepada warga terdampak banjir di wilayah Jakarta Utara yang saat ini mencapai 3477 jiwa. Adapun stok logistik yang tersedia di Posko BUMN Jakarta Utara sendiri saat ini tersedia 20 Buah selimut, 1 buah karpet, 1 dus mie instan, 1 dus popok, 1 dus softex, dan peralatan mencuci sebanyak 19 dus. Total bantuan yang sudah disalurkan adalah senilai Rp671,8 Juta.

Lebih lanjut, di wilayah Kabupaten Lebak, Banten, yang resmi ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Provinsi karena dinilai menjadi titik paling besar yang terkena dampak banjir. Tim lintas BUMN dari Perum Bulog juga telah menyalurkan bantuan logistik pakaian dan pangan, termasuk diantaranya Beras yang cukup untuk para pengungsi di Posko BUMN area Lebak.

Ada pun aktivitas #BUMNBantuBanjir di Posko Bekasi juga menjadi prioritas Tim Lintas BUMN yang terdiri dari JASAMARGA, BRI, BTN, Bank Mandiri, AP 1, RNI, INDOFARMA, JASA TIRTA II, JASA RAHARJA, PT KAI, AMARTA KARYA, HUTAMA KARYA, PP Properti, PT PPA, Perumnas, PLN, Telkom, BNI dan KIMIA FARMA untuk menyalurkan bantuan logistik pangan seperti air minum, bahan pokok, hingga peralatan bayi dan alat bersih-bersih seperti ember, kain pel, dan karbol untuk warga yang terdampak banjir di wilayah Jatiwaringin, Perumahan Pesona Mutiara Indah, Perumahan BJI Kampung, Perum. Villa Jati Rahayu, Perumahan Villa Nusa Indah, Perumnas Villa Jati Rasa, dan Perumahan Margahayu.

Diketahui di Posko BUMN Bekasi sendiri tersedia Stok logistik: Air Mineral 200 dus, Mie Instant 50 dus, Susu Balita 4 dus, Makanan Ringan 10 dus, Bahan Pokok 40 dus, Alat Kebersihan 20 Paket, Lampu Darurat 2 Dus, Selimut/Sarung 40 Buah, Pakaian dan Obat-obatan 3 Karung. Bantuan yang sudah disalurkan BUMN di Posko Bekasi adalah senilai Rp 430.000.000

Untuk Posko BUMN Jakarta Timur, Tim lintas BUMN yang tergabung dari beberapa BUMN yakni WIKA, BNI, JIEP, ANTAM, Nindya Karya, Indofarma, PP Property, WASKITA KARYA, INDRA KARYA dan PNRI juga sudah menyalurkan bantuan logistik sandang dan pangan untuk warga masyarakat yang terdampak banjir.

Diketahui di Posko BUMN Jakarta Timur sendiri terdapat 13.516 orang pengungsi dan Tim lintas BUMN sendiri telah menyiapkan stok logistik Air Mineral sebanyak 22.800 botol, Makanan Ringan 2 Box, Susu UHT 2 Box, Mie Instant 3 Box, Pakaian 150pcs, Underwear pria dan wanita 30 lusin, Pembalut Wanita 27 lusin, Selimut 170 buah, dan 1 Set Alat Kebersihan. Bantuan yang sudah disalurkan oleh BUMN adalah senilai Rp. 712.375.906.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading