Ini Dia Saham Transaksi Margin & Short Sell per Januari 2020

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 December 2019 13:18
Bursa Efek Indonesia (BEI) baru mengeluarkan daftar efek margin dan daftar efek short sell.

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) baru mengeluarkan daftar efek margin dan daftar efek short sell (transaksi jual kosong) baru untuk periode perdagangan Januari 2020.

Terdapat empat saham baru yang masuk dalam daftar efek margin dan satu saham yang masuk dalam daftar efek yang dapat diperdagangkan short sell.

Daftar saham
margin dan short sell tersebut dibuat berdasarkan Peraturan Nomor II-H tentang Persyaratan dan Perdagangan Efek dalam Transaksi Margin dan Transaksi Short Selling dan Peraturan Nomor III-I tentang Keanggotaan Margin dan Short Selling.



Berdasarkan informasi tersebut, empat saham baru yang masuk dalam daftar margin ini adalah PT Fuji Finance Indonesia Tbk. (FUJI), PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA), PT Kencana Energi Lestari Tbk. (KEEN) dan PT Sat Nusapersada Tbk. (PTSN).

Sementara untuk saham baru yang diijinkan untuk dilakukan short sell adalah saham PT Kencana Energi Lestari Tbk. (KEEN).

Ada yang masuk, ada punya yang dikeluarkan dari daftar dua transaksi di pasar modal ini.

Datanya sebagai berikut.

No.


Efek yang Keluar Daftar Efek Margin

Efek yang Keluar Daftar Efek Short Sell

1.

PT Adhi Karya Tbk. (ADHI)

PT Adhi Karya Tbk. (ADHI)

2.

PT Bank Ganesha Tbk. (BGTG)

PT Bank Ganesha Tbk. (BGTG)

3.

PT Sentra Mitra Informatika Tbk. (LUCK)

PT Sentra Mitra Informatika Tbk. (LUCK)

4.

PT Intermedia Capital Tbk. (MDIA)

Sumber: IDX


Perlu diketahui, saham margin adalah efek yang dapat ditransaksikan oleh nasabah sekuritas yang membuka rekening margin, selain sudah memiliki rekening reguler.

Dengan dibukakannya rekening margin, maka nasabah perusahaan efek tersebut dapat menerima pinjaman dari sekuritas tempatnya bertransaksi untuk memperjual-belikan saham yang masuk ke dalam daftar margin tadi. Nilai pembiayaan terbesar yang dibolehkan adalah 65% dari nilai jaminan yang disetorkan oleh nasabah, dan nasabah wajib memiliki jaminan berupa dana maupun efek senilai minimal Rp 200 juta.


Perusahaan efek dibolehkan memberikan fasilitas margin (pembiayaan) kepada nasabahnya dengan batasan modal kerja bersih disesuaikan (MKBD).

Sekuritas yang memiliki MKBD di atas Rp 250 miliar berhak memberikan pembiayaan marjin kepada nasabahnya pada seluruh 161 saham yang masuk daftar efek margin, sedangkan sekuritas ber-MKBD di bawah Rp 250 miliar hanya dapat mentransaksikan 44 saham margin yang juga masuk ke dalam daftar indeks LQ-45

Adapun short sell ialah penjualan saham di mana investor atau trader meminjam dana (on margin) untuk menjual saham (yang belum dimiliki) dengan harga tinggi. Tujuannya, berharap akan membeli kembali dan mengembalikan pinjaman saham ke pialangnya pada saat saham turun.

[Gambas:Video CNBC]

 


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading