Puncak Mudik Natal 2019, 41.000 Kendaraan Lewati Japek II

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
25 December 2019 11:14
PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mencatat peningkatan volume lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Japek II Elevated.
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten BUMN infrastruktur dan pengelola jalan tol, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mencatat peningkatan volume lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Japek II Elevated selama arus mudik Natal 2019.

Berdasarkan data JSMR, tiga hari periode mudik Natal 2019 yaitu tepatnya pada 20-23 Desember 2019, tercatat 358.000 kendaraan melewati Jalan Tol Japek dan Jalan Tol Japek II Elevated. Sebanyak 117.000 kendaraan atau 33% dari total kendaraan tersebut memilih untuk menggunakan Jalan Tol Japek II Elevated.

JSMR juga mencatat lalu lintas tertinggi yang melewati Japek Elevated terjadi pada Jumat (20/12) pekan lalu sebanyak 34% atau 41.000 kendaraan dari total 124.000 kendaraan.

Puncak Mudik Natal 2019, 41.000 Kendaraan Lewati Japek IIFoto: Dok Kementerian PUPR

Pada Jumat pekan lalu itu, lalu lintas dinilai lebih lancar dibandingkan hari lainnya dikarenakan waktu kedatangan kendaraan yang menyebar dan tidak pada satu rentang waktu yang bersamaan, berbeda dengan saat pemberlakuan rekayasa lalu lintas atau one way pada arus mudik Natal yang terjadi pada Sabtu (21/12).


Selain itu, dari sisi pengukuran kecepatan untuk segmen Cikunir sampai dengan Karawang Barat pada periode 20-23 Desember 2019, terjadi peningkatan kecepatan arah Cikampek bagi pengguna jalan Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu mencapai 62 Km/jam dibandingkan Jalan Tol Japek eksisting mencapai 58 Km/jam.

Adapun beberapa aspek yang menjadi evaluasi yaitu terjadinya antrean jelang pertemuan arus lalu lintas Jalan Tol Japek dan Japek II Elevated di KM 48.


Tak hanya itu, adapula kepadatan pengguna jalan yang akan menggunakan rest area setelah melalui Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu Rest Area Km 50 dan Km 57.

Guna mengurai kepadatan akibat pertemuan lalu lintas, Jasa Marga dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas atau contraflow tepatnya pada Km 47 sampai Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sebagai penambahan kapasitas lajur.

Bagi pengguna jalan agar mempersiapkan diri dan juga persiapan kendaraan sebelum menggunakan jalan tol layang terpanjang ini dikarenakan ketiadaan rest area.


Salah satunya yang paling penting adalah memastikan kecukupan BBM karena kehabisan BBM cukup sering terjadi di Jalan Tol Japek II Elevated selama periode mudik Natal 2019.

Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. Untuk monitor kondisi lalin di jalan tol selama periode libur akhir tahun, dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, yaitu Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Informasi lainnya juga dapat diakses melalui sosial media Twitter @PTJASAMARGA, @official_JSMR, Instagram @official.jasamarga dan melalui Aplikasi Mobile JMCARe dan Travoy.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Tol Japek II Elevated Beroperasi, Saham Jasa Marga Bangkit


(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading