BRI Agro Ditunjuk Sebagai Penyalur KPR FLPP 2020

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
19 December 2019 18:39
BRI Agro Ditunjuk Sebagai Penyalur KPR FLPP 2020
Jakarta, CNBC Indonesia- Bertempat di Auditorium Kementerian PUPR, PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) menandatangani Perjanjian Kerjasama Operasional (PKO) antara Bank pelaksana penyalur KPR Sejahtera FLPP tahun 2020 dengan Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PPDPP Kemen-PUPR) (19/12/2019).

Penandatanganan Kesepakatan Bersama ini dilakukan oleh Sigit Murtiyoso selaku Direktur Bisnis BRI Agro dengan Arief Sabaruddin selaku Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan.

BRI Agro dipercaya menjadi Bank pelaksana program pemerintah bersama-sama dengan 37 bank lainnya ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk penyaluran Kredit Pemilikan Rumah Bersubsidi Dalam Rangka Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.



"Kami bekerja sama dengan lembaga Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU-PPDPP) yang berada di bawah Kemen-PUPR untuk menyalurkan dan mengelola dana untuk pembiayaan perumahan bagi rakyat", jelas Sigit.

Dengan melakukan penandatangan Kesepakatan Bersama ini, maka BRI Agro turut membantu Pemerintah dalam mensukseskan program sejuta rumah dengan memfasilitasi masyarakat berpenghasilan rendah untuk memperoleh rumah melalui KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Pemerintah (FLPP).

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas kepercayaan yang diberikan kepada BRI Agro, karena kerjasama ini merupakan kali ketiga kami diberikan kesempatan untuk menyalurkan KPR Sejahtera ini", ungkap Sigit.

Sejumlah penawaran menarik dapat diberikan kepada calon debitur KPR Sejahtera. "Fasilitas KPR Sejahtera dapat diberikan kepada para pekerja yang memiliki penghasilan rendah dengan kriteria karyawan tetap/wirausaha, gaji/pendapatan maksimal 4 Juta dan tidak memiliki fasilitas pinjaman KPR di Bank lain dengan bunga rendah, pemberian suku bunga fixed rate dan jangka waktu hingga 20 tahun", sambung Sigit.


"BRI Agro telah menyalurkan KPR Sejahtera sebesar 100% dari kuota FLPP sebesar Rp.15,8 milyar sesuai porsi penyaluran yang telah disepakati dengan Kemen-PUPR", ujar Sigit. Berdasarkan posisi November 2019, outstanding kredit konsumer yang disalurkan BRI Agro adalah sebesar Rp.1,06 triliun dengan porsi Produk KPR Agro Griya sebesar Rp. 395 milyar atau tumbuh 36,13% (yoy).

Kerjasama ini diharapkan dapat berkontribusi positif bagi peningkatan kinerja masing-masing pihak. "Harapan kami melalui penyaluran KPR bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dapat membantu memudahkan akses masyarakat berpenghasilan rendah ke perbankan dalam rangka mendapat bantuan pembiayaan perumahan sehingga masyarakat Indonesia semakin sejahtera", tutup Sigit.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading