Jokowi Beberkan Solusi Atasi Banjir DKI, Mas Anies Simak Ya!

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
18 December 2019 08:46
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak memungkiri, kedua bendungan tersebut bukan jaminan pasti wilayah Ibu Kota terbebas dari banjir.
Balikpapan, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara perihal banjir yang menggenangi beberapa titik di Ibu Kota DKI Jakarta akibat guyuran hujan deras kemarin, Selasa (18/12/2019).

"Persoalan besar di Jakarta itu hanya 2 yaitu banjir, yang kedua macet," kata Jokowi saat bertemu dengan media di Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12/2019).

Pemerintah pusat, kata Jokowi, selama ini juga berupaya membantu mengatasi permasalahan banjir dengan mempercepat pembangunan bendungan di wilayah Sukamahi dan Ciawi, Jawa Barat.

Namun, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tak memungkiri, kedua bendungan tersebut bukan jaminan pasti wilayah Ibu Kota terbebas dari banjir. Pasalnya, perlu ada peranan lebih dari pemangku kepentingan lainnya.


"Kalau [bendungan] jadi, akan bisa lebih dikendalikan. Tapi juga sangat tergantung sekali yang namanya banjir di Jakarta yaitu pembersihan got," jelasnya.

"Kemudian juga pelebaran dari sungai Ciliwung yang menyempit. Ketiga pengelolaan pintu air yang ada termasuk pengerukan waduk-waduk di Jakarta, waduk pluit," jelasnya.

Jokowi pun sempat berbicara perihal upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemacetan kronis di sejumlah wilayah Ibu Kota. Salah satunya, dengan mengintegrasikan beberapa moda transportasi di DKI Jakarta.

"Kita sudah membangun MRT tahap satu selesai. Bangun LRT yang nanti akhir 2021 Insya Allah selesai, akan sangat mengurangi macet," jelasnya.

"Dan tentu mengintegrasikan dari moda transportasi yang ada, LRT digabungin dengan MRT, Trans Jakarta, dengan commuter kita demgan kereta Bandara. [...] Semua akan mengurangi kemacetan di Jakarta," tegas Jokowi.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading