Erick Bongkar Anak-Cucu BUMN: Pertamina Punya 142, KRAS 60

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 December 2019 12:12
Kementerian BUMN akan mengatakan evaluasi terhadap seluruh anak dan cucu usaha BUMN akan dilakukan kurang dari tiga bulan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) serius menyoroti soal anak usaha perusahaan pelat merah yang jumlahnya seabrek. Kementerian BUMN akan mengatakan evaluasi terhadap seluruh anak dan cucu usaha BUMN akan dilakukan kurang dari tiga bulan.

"Nggak lama, secepatnya. Moratorium kan akan cepat. Ini akan cepet lah, ga sampe tiga bulan. pokoknya cepat lah," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Menteri BUMN Erick Thohir mengaku baru mengetahui ada seratus anak hingga cucu perusahaan di tubuh PT Pertamina (Persero). "Ternyata ada 142 perusahaan di Pertamina," ujar Erick.

Oleh karena itu, Erick meminta kepada Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. Ahok dan Nicke diminta memetakan jenis usaha hingga 'kesehatan' dari 142 perusahaan.


Lalu Arya menambahkan, selain Pertamina yang punya 142 perusahaan, PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) juga tercatat punya sekitar 60 anak dan cucu perusahaan.

"Banyak sekali KRAS punya sampe 60-an. Akan ditanya kepada perusahaan apakah akan digabungkan atau di-merger. Kalau memang tidak ada gunanya tutup aja. Tapi ditanya ke mereka," kata Arya.

Arya juga menegaskan, Kementerian BUMN akan melakukan pembenahan habis habis-habisan.

Menteri Erick juga sudah membuat keputusan resmi akan mengatur ulang seluruh anak usaha dan perusahaan patungan milik perusahaan pelat merah.

Dalam Surat Kepmen BUMN No SK-315/MBU/12/2019 tentang Penataan Perusahaan atau Perusahaan Patungan di Lingkungan BUMN, disebutkan asalan penataan tersebut adalah untuk mengoptimalisasi keberadaan anak usaha dan usaha patungan agar fokus pada bisnis yang sama.

Pernyataan Erick Soal Pembenahan BUMN

[Gambas:Video CNBC]


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading