Penjaga Ekonomi RI, Kemenkeu Raih Gelar Kementerian Terbaik

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
05 December 2019 12:33
Penjaga Ekonomi RI, Kemenkeu Raih Gelar Kementerian Terbaik
Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Keuangan RI meraih penghargaan pada CNBC Indonesia Award 2019 untuk kategori The Best Ministry.

Penghargaan ini diserahkan oleh Pemimpin Redaksi CNBC Indonesia Wahyu Daniel kepada Sekjen Kementerian Keuangan Hadiyanto pada malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Hotel Westin, Rabu (4/12/2019).

Sepanjang periode satu pemerintahan Joko Widodo, Kementerian Keuangan berperan besar dalam mendorong perekonomian dengan pertumbuhan relatif tinggi.


Periode 2015-Oktober 2019, Kementerian Keuangan menambah pembiayaan senilai Rp 2.147 triliun. Sepanjang periode itu pula, dana senilai Rp 1.698,6 triliun dialokasikan oleh Kementerian Keuangan untuk membangun infrastruktur.
Ekonomi Tumbuh Stabil, Kemenkeu Raih Gelar Kementerian TerbaiFoto: Sekjen Kementerian Keuangan Hadiyanto (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Pertambahan utang tersebut membawa dampak yang berarti bagi perekonomian Indonesia. Terbukti, perekonomian Indonesia tumbuh relatif tinggi di tengah lesunya perekonomian dunia.

Terlepas dari tambahan utang yang sekilas begitu besar, pengelolaan risiko tetap dilakukan dengan baik. Terbukti, rasio utang terhadap PDB Indonesia tetap merupakan salah satu yang terendah di kawasan Asia.

Sebagai informasi, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menegaskan jumlah rasio utang Indonesia masih berada di level aman, karena pada level 29,8% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Sebagai perbandingan rasio utang Jepang mencapai 240 persen dari PDB, Amerika Serikat 107 persen dari PDB. Adapun negara tetangga Malaysia dan Thailand memiliki rasio utang masing-masing 42 dan 52 persen terhadap PDB.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading