Waspada! Saham POOL & MAMI Bergerak Liar, Masuk Radar BEI

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
05 December 2019 11:29
Waspada! Saham POOL & MAMI Bergerak Liar, Masuk Radar BEI

Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengawasi khusus dua saham yang turun-naik signifikan dan bergerak di luar kebiasaan atau unusual market activity (UMA) dalam beberapa hari terakhir. Kedua saham ini yakni PT Pool Advista Indonesia Tbk (POOL) dan PT Mas Murni Indonesia Tbk (MAMI).

Data perdagangan BEI mencatat, dua saham ini memang bergerak dengan volatilitas tinggi. Pada pukul 11.20 WIB, Kamis ini (5/12/2019), saham POOL melesat 13% di level Rp 565/saham, sementara saham MAMI minus 10,50% di level Rp 360/saham.

Dalam sepekan terakhir, saham POOL yang bergerak di bidang jasa investasi ambles 34% dalam sepekan terakhir, sementara saham MAMI yang berbisnis properti minus 3,31% dalam sepekan dan melesat 40% dalam 30 hari perdagangan terakhir.


"Terjadi penurunan harga dan aktivitas saham yang di luar kebiasaan. Pengumuman UMA ini tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di pasar modal," tulis manajemen BEI, diwakili Kadiv Pengawasan Transaksi BEI Lidia M Panjaitan dan Kadiv Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Irvan Susandy, dikutip Kamis (5/12/2019).


Saat ini BEI masih mencermati perkembangan pola transaksi dua saham sehingga investor diharapkan memperhatikan jawaban emiten atas permintaan konfirmasi BEI.

Selain itu investor juga diminta mencermati kinerja perusahaan dan keterbukaan informasinya. Tak hanya itu, investor juga diminta mengkaji kembali rencana aksi korporasi dan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul di kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan.

Pool Advista memiliki empat anak usaha di bidang keuangan dan investasi, yakni PT Pool Advista Sekuritas (broker saham) P. Pool Advista Aset Manajemen (manajer investasi), PT Pool Advista Finance (multifinance), dan PT Asuransi Jiwa Advista.


Perusahaan telah beroperasi secara komersial dalam bidang jasa konsultasi dan pengembangan investasi sejak 21 Juli tahun 2003 setelah berdiri lama yakni pada 26 Agustus 1958 berdasarkan sejarah situs perusahaan.

Adapun Mas Murni adalah properti yang fokus pada pusat perbelanjaan, apartemen dan hotel di Surabaya. Mengacu data situs Emis, MAMI memulai usahanya dengan mendirikan Teater Presiden, yang merupakan kombinasi dari bioskop, pusat perbelanjaan dan apartemen di Surabaya.

MAMPU juga menjadi pemilik dan operator dari Garden Palace Hotel, Surabaya dan pemilik Crystal Garden, blok apartemen dan pusat perbelanjaan yang berada di bawah perusahaan patungan dengan PT Anugerah Mitra Lestari.

(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading