Rupiah Jaya di Kurs Tengah BI dan Spot, Terima Kasih Trump!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
05 December 2019 10:13
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah juga setia di jalur hijau di perdagangan pasar spot.

Pada Kamis (5/12/2019), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.094. Rupiah menguat 0,22% dibandingkan posisi hari sebelumnya.

Sementara di 'arena' pasar spot, rupiah juga menguat. Pada pukul 10:00 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.080, di mana rupiah menguat 0,14%.


Mata uang Tanah Air sudah menguat sejak pembukaan pasar. Meski penguatannya relatif terbatas, tetapi setidaknya rupiah belum sampai terjerumus ke zona merah.


Tidak hanya rupiah, mayoritas mata uang utama Asia pun perkasa di hadapan greenback. Pertanda bahwa pelaku pasar sedang punya risk appetite yang tinggi sehingga berkenan masuk ke pasar keuangan Benua Kuning.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 10:05 WIB:



Hubungan AS-China masih dominan dalam menentukan arah pergerakan pasar. Setelah kemarin terjadi pelepasan aset-aset berisiko karena Presiden AS Donald Trump bilang kesepakatan dagang dengan China bisa menunggu sampai usai Pemilu tahun depan, orang yang sama kembali memberi angin surga.

"Diskusi (dagang dengan China) berjalan sangat baik dan kita lihat apa yang akan terjadi," kata Trump kepada jurnalis di sela-sela pertemuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di Inggris, seperti diberitakan Reuters.

Padahal Trump hanya menyampaikan satu kalimat, tetapi itu sudah cukup bagi pelaku pasar untuk membuat pesta besar-besaran. Dini hari tadi waktu Indonesia, Wall Street menguat cukup signifikan di mana Dow Jones Industrial Average naik 0,53%, S&P 500 terangkat 0,63%, dan Nasdaq Composite bertambah 0,54%.

Investor kembali berani mengambil risiko dan arus modal mendatangi pasar keuangan Asia. Hasilnya, mata uang Asia ramai-ramai menguat, tidak terkecuali rupiah.



AS-China Belum Baik-baik Saja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading