Tekanan Global Tinggi, Jusuf Kalla: Hemat Itu Penting!

Market - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 December 2019 22:07
Tekanan Global Tinggi, Jusuf Kalla: Hemat Itu Penting! Jusuf Kalla di Malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Java Ballroom The Westin Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Jakarta, CNBC Indonesia - Muhammad Jusuf Kalla (JK), Wakil Presiden periode 2004-2009 dan 2014-2019, mengungkapkan pandangannya soal perkembangan ekonomi di tengah tekanan perang dagang AS-China, perlambatan ekonomi dunia, dan tantangan global lainnya yang mempengaruhi perekonomian nasional.

JK menegaskan salah satu langkah dalam mengantisipasi penurunan pertumbuhan ekonomi ialah efisiensi atau penghematan, tak hanya dilakukan oleh perusahaan, tapi juga negara.


"Kita di sini sebagian besar, kepala rumah tangga, urus negara enggak jauh beda dengan urus RT [rumah tangga] tidak jauh berbeda dengan urus perusahaan, karena negara didukung oleh perusahaan-perusahaan," kata JK saat menerima penghargaan Lifetime Achievement CNBC Indonesia Award 2019, di Westin, Jakarta, Rabu malam (4/12/2019).


Menurut JK, bila pertumbuhan ekonomi turun, maka penghematan bisa dilakukan.

"Apa yang dilakukan kepala RT saat ekonomi turun? Menghemat, tapi tidak menghemat ke depan. Anak-anak sekolah [tetap], rumah tangga tetap dijaga kalau perlu berpikir peluang [ke depan], apalagi, kan rumah tangga gitu. Kalau perlu istri juga jual kue macam-macam, jual baju. Ini kehidupan ekonomi jalan, enggak mungkin di rumah termenung sedih," tegas JK.

"Menteri juga gitu, menghemat penting tapi menjaga masa depannya, siklus ke bawah naik juga nanti," katanya.


Dia menegaskan jika bicara 5 tahun ke depan, negara tak bisa berhenti berinvestasi. "M
enurut saya, survive [bertahan di tengah tekanan] itu adalah jika kita bisa berpikir bukan tahun ini, tapi tahun depan," katanya. 

Dalam kesempatan tersebut, CNBC Indonesia Award 2019 menobatkan Muhammad Jusuf Kalla menjadi sosok untuk kategori Lifetime Achievement Award karena memiliki sederet prestasi dan pencapaian luar biasa untuk Indonesia.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Founder & Chairman CT Corp Chairul Tanjung kepada JK dalam malam penganugerahan CNBC Indonesia Award 2019 di Hotel Westin, Rabu (4/12/2019).

Penuh Prestasi, Jusuf Kalla Raih Lifetime Achievement AwardFoto: Jusuf Kalla meraih penghargaan Lifetime Achievement di Malam penganugerahan CNBC Indonesia Awards 2019 di Java Ballroom The Westin Jakarta, Rabu 4 Desember 2019. (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)



(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading