Ekspansi Fintech, BCA Suntik Central Capital Ventura Rp 200 M

Market - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
04 December 2019 09:37
Ekspansi Fintech, BCA Suntik Central Capital Ventura Rp 200 M
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) resmi menyuntikkan modal sebesar Rp 200 miliar kepada perusahaan anak di bidang modal ventura yakni PT Central Capital Ventura (CCV) guna mendukung ekspansi bisnis fintech.

Suntikan modal itu dilakukan dengan menyerap sepenuhnya saham baru yang diterbitkan Central Capital Ventura.

CCV merupakan perusahaan modal ventura yang memfokuskan pendanaan kepada perusahaan fintech, insurtech, perusahaan berbasis Artificial Intelligence, cybersecurity, dan wealth management.


"BCA meningkatkan modal pada CCV senilai 200.000 saham atau senilai Rp 200 miliar,"  tulis Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan Direktur BCA Subur Tan dalam penyataan resmi di BEI, dikutip Rabu (4/12/2019).


"CCV telah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa untuk meningkatkan modal ditempatkan dan disetor CGV, melalui penerbitan saham baru yang semuanya diambil BCA," tulis keduanya.

Saat ini porsi kepemilikan saham CCV dikuasai 99,99% oleh BCA, sementara 0,01% dipegang oleh PT BCA Finance. Saham BCA Finance juga dimiliki 99,57% oleh BCA dan 0,424% miliki BCA finance limited. Sementara saham BCA Finance Limited 100% milik BCA.


"CCV memiliki peran strategis dalam membangun kolaborasi dengan perusahaan fintech dengan cara melakukan investasi ke perusahaan fintech. Untuk keperluan investasi ke perusahaan fintech, maka CCV membutuhkan tambahan modal guna memperkuat permodalan."

Mengacu data BEI, saham BBCA pada pagi ini, turun 0,08% di level Rp 31.850/saham dengan kapitalisasi pasar Rp 785,88 triliun.


Kok bank konservatif pasang target?
(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading