Suram! Fitch Beri Outlook Negatif Sektor Batu Bara RI 2020

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
03 December 2019 16:38
Suram! Fitch Beri Outlook Negatif Sektor Batu Bara RI 2020 Foto: Reuters/Reinhard Krause
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat utang global Fitch Ratings memberikan outlook negatif untuk sektor batu bara tanah air. Fitch menyoroti pelamahan arus kas yang terjadi akibat pelemahan harga batu bara.

Fitch merevisi turun harga batu bara untuk tahun 2020. Untuk batu bara Qinghuangdao dengan kalori sebesar 5.500 kcal/kg diperkirakan berada di US$ 80/ton.


Sementara itu untuk batu bara Newcastle Australia dengan kalori 6.000 kcal/kg diprediksi menyentuh harga US$ 73/ton. Harga batu bara diprediksi turun dari sebelumnya masing-masing US$ 86/ton dan US$ 73/ton.




Dalam laporan tersebut Fitch menyebut intensitas belanja modal akan tetap rendah untuk sektor tambang batu bara. Laba perusahaan juga diperkirakan tetap rendah sejalan dengan pelemahan harga batu bara.

Berikut ini adalah outlook rating Fitch untuk beberapa perusahaan batu bara RI :

Perusahaan

Rating

Outlook

PT ABM Investama Tbk

B+

Negative

Geo Energy Resources Limited

B-

Negative

PT Golden Energi Mines Tbk

B+

Stable

PT Bayan Resources Tbk

BB-

Stable

PT Adaro Energy Tbk

BBB-

Stable

PT Indika Energy Tbk

BB-

Stable


Beberapa perusahaan yang mendapat outlook stable dari Fitch karena kemungkinan peningkatan output yang dapat mengimbangi rendahnya laba. Sementara itu dua perusahaan yang mendapat outlook negatif karena penurunan cadangan batu bara yang dimiliki.


TIM RISET CNBC INDONESIA
(twg/twg)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading