Ciputra Sudah Berpulang, Ini Kesan Mendalam Sandiaga Uno

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
01 December 2019 14:42
Ciputra Sudah Berpulang, Ini Kesan Mendalam Sandiaga Uno

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Ciputra Group, Ciputra tutup usia pada Rabu (27/11/2019) pekan ini di usia 88 tahun, di Singapura. Ungkapan haru pun berdatangan, salah satunya dari mantan capres Sandiaga Uno yang juga pengusaha sukses.

Menurut Sandi, sosok Ciputra mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda agar bisa melahirkan para wirausahawan sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

"Mudah-mudahan kami para generasi muda dapat meneruskan apa yang telah dicita-citakan oleh Pak Ci yakni melahirkan banyak entrepreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi dirinya sendiri dengan cara mengubah sampah dan rongsokan jadi emas," kata Sandi, dalam unggahan di Instagram resminya @Sandiuno.


"Rest in peace Bapak Ir Ciputra, terima kasih atas kontribusinya selama ini dan telah menjadi inspirasi untuk seluruh juniornya"

[Gambas:Instagram]


Ciputra adalah salah satu pengusaha yang menjadi inspirator pengusaha muda lainnya. Ciputra membangun bisnis sejak lama, berkongsi dengan beberapa grup bisnis besar, mulai dari Grup Salim hingga Grup Sahid.

Saat ini holding bisnis properti Grup Ciputra berada di bawah kendali PT Ciputra Development Tbk (CTRA).


"Kami banyak belajar dari ayah kami sejak kami masih kecil. [Sebagai] founder dan chairman [Ciputra] selalu posisikan dirinya [sebagai] creative navigator untuk kelangsungan bisnis Ciputra Group. Sebagai generasi penerus untuk mempertahankan dan usaha Pak Ciputra. Thanks to semua dukungan kepada ayah kami sampai akhir hayatnya," kata Managing Director Ciputra Grup Rina Ciputra Sastrawinata,di Jakarta Kamis (28/11/2019).

Tim Corporate Communication Ciputra Group menyampaikan cerita biografi singkat dari taipan kelahiran Sulawesi ini.

Ciputra merupakan seorang pengusaha properti, tokoh entrepreneurship, dan filantropis yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, pada 24 Agustus 1931.


Bermula dari tahun 1960-an, dengan menggandeng Pemerintah DKI Jakarta, Ciputra membentuk PT Pembangunan Jaya. Proyek pertamanya adalah membangun sebuah pusat belanja modern pertama di Indonesia di atas lahan seluas 15 hektare, yang kemudian dikenal sebagai Proyek Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Belum selesai membangun proyek Pasar Senen, Ciputra mulai menggagas pembangunan proyek monumental lainnya di bagian utara kota Jakarta di atas lahan rawa yang tidak produktif seluas 550 hektare, yaitu Taman Impian Jaya Ancol.

Baru pada tahun 1980-an, Ciputra bersama keluarga mendirikan Grup Ciputra yang kini di bawah PT Ciputra Development Tbk (CTRA). Proyek perdana Grup Ciputra berada di kawasan barat Jakarta yang dikenal dengan nama Citra Garden City, kemudian merambah ke Citra Raya Tangerang.


Kesan dari Gubernur Jateng soal Ciputra

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading