Lumayan, Rupiah Masuk 5 Besar Terbaik Asia Pekan Ini

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
09 November 2019 12:04
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah melawan dolar Amerika Serikat (AS) berhasil menguat di pekan ini, bahkan beberapa kali menembus ke bawah Rp 14.000/US$ dan sempat menyentuh level terkuat sejak 13 September.

Meski demikian pergerakan rupiah di pekan ini terbilang tidak mulus, dalam 5 hari perdagangan rupiah melemah sebanyak dua kali.




Mengawali pekan ini, rupiah langsung menguat 0,14%, pada hari Selasa (5/11) momentum penguatan rupiah bertambah, berhasil menguat 0,32% ke Rp 13.965/US$ yang merupakan level terkuat sejak 13 September.

Setelahnya momentum penguatan rupiah memudar, dan mengalami koreksi kembali ke atas Rp 14.000/US$. Pergerakan tersebut membuktikan dengan kondisi ekonomi global saat ini, rupiah belum sanggup menjauhi level psikologis tersebut.


Dibandingkan mata uang utama Asia lainnya, kinerja rupiah terbilang lumayan, berada di peringkat kelima pekan ini. Mata uang utama Benua Kuning bergerak bervariasi di pekan ini, ringgit Malaysia menjadi yang terbaik setelah menguat 0,79%. Sementara yen Jepang menjadi yang terburuk dengan pelemahan lebih dari 1%.

Berikut pergerakan dolar AS melawan mata uang utama Asia pekan ini.




Data Ekonomi Dalam Negeri Topang Rupiah, Tapi Dibebani AS-China
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading