Mantap! Tugu Insurance Pertahankan Rating A- dari A.M. Best

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
06 November 2019 11:14
Mantap! Tugu Insurance Pertahankan Rating A- dari A.M. Best
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali mendapatkan peringkat Rating A- (Excellent) dari A.M. Best, lembaga pemeringkat global di bidang perasuransian.

Dengan raihan peringkat Rating A- (Excellent), Tugu Insurance berarti telah berhasil mempertahankan peringkat ini selama 4 tahun berturut-turut. Tugu Insurance masih menjadi satu-satunya perusahaan asuransi umum nasional yang memiliki predikat rating internasional A- (Excellent) dari A.M. Best.

Peringkat A- (Excellent) yang berhasil dipertahankan Tugu Insurance adalah salah satu catatan capaian penting perseroan. A.M. Best menilai, peringkat ini mencerminkan kinerja keuangan Tugu Insurance yang sangat kuat, didukung oleh operasional bisnis yang kuat dan manajemen risiko yang sesuai. A.M. Best menegaskan peringkat kekuatan keuangan Tugu Insurance sangat baik (A-) dan "a-" untuk peringkat kredit emiten jangka panjang.





Presiden Direktur Tugu Insurance Indra Baruna memastikan pihaknya senantiasa berupaya memberikan analisis yang tajam terhadap risiko yang akan ditanggung.

"Prinsip kehati-hatian ini berdampak positif terhadap pertumbuhan hasil underwriting. Kami juga berusaha cermat dalam melakukan investasi sehingga manajemen risiko perusahaan bisa terus ditingkatkan'' ujar Indra Rabu (6/11/2019).

Mengutip penjelasan A.M. Best, menurut Indra, penilaian kekuatan neraca perseroan didukung oleh kapitalisasi yang disesuaikan risiko sehingga tetap berada pada tingkat terkuat. Kekuatan itu diukur berdasarkan Best's Capital Adequacy Ratio (BCAR). Selain itu, A.M. Best menganggap risiko investasi perusahaan termasuk moderat.

Pada Mei 2018, perseroan meningkatkan permodalan secara internal melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) sehingga resmi menjadi Emiten Anak BUMN PT Pertamina (Persero) dengan kode saham TUGU di Bursa Efek Jakarta. Keputusan itu terbukti makin memperkuat basis modal sekaligus mendukung ekspansi bisnis perusahaan.

"Pengelolaan risiko yang penuh dengan kehati-hatian menjadi fokus perseroan. Kami akan terus meningkatkannya tanpa mengesampingkan pencapaian kinerja keuangan yang sangat dipengaruhi oleh stabilitas perekonomian global,'' papar Indra.

Meskipun kehadirannya masih baru di sektor ritel yaitu dengan produk unggulan asuransi kendaraan bermotor, Tugu Insurance masih menjadi pemain dominan dalam bidang energi, penerbangan komersial, kelautan, dan properti. Bisnis reasuransi domestik juga telah menjadi komponen signifikan dalam penerimaan premi selama beberapa tahun terakhir.

Indra Baruna mengakui masih banyak pekerjaan rumah bagi manajemen untuk meningkatkan kinerja perseroan. Pekerjaan rumah itu antara lain, peningkatan pengelolaan layanan bisnis secara terintegrasi, baik untuk segmentasi korporasi maupun ritel. Sejak tahun lalu, manajemen mulai melakukan brand & culture transformation diiringi dengan beberapa inovasi teknologi, antara lain dengan peluncuran smart driving application t drive.



Langkah ini merupakan wujud nyata keseriusan manajemen untuk membawa perseroan berkembang sesuai dengan era perubahan yang ada yaitu digitalisasi.

"Salah satunya adalah menyasar pasar ritel agar perseroan dapat melangkah lebih tinggi lagi bersama bisnis korporasi yang selama ini menjadi andalan perseroan, serta mampu memberikan manfaat perlindungan kepada masyarakat luas" tambah Indra.

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading