Dari ITMG Hingga JPFA, Ini 5 Saham LQ45 yang Cuan Sampai 10%

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
28 October 2019 12:59
Dari ITMG Hingga JPFA, Ini 5 Saham LQ45 yang Cuan Sampai 10%

Jakarta, CNBC Indonesia - Sepanjang pekan lalu bisa dikatakan pasar saham cukup bergairah dengan kenaikan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebesar 0,98%. Sedangkan indeks LQ45 sebagai indeks unggulan mengalami kenaikan lebih tinggi sebesar 1,72%.

Indeks LQ45 merupakan indeks yang terdiri dari 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.


Pada minggu lalu ada 29 saham yan menguat, hanya 1 saham yang stagnan dan sisanya 15 saham mengalami penurunan. Berikut lima saham anggota LQ45 yang paling meroket & bisa dilirik sebagai salah satu pilihan investasi karena sahamnya sedang bullish:

5 Saham LQ45 Paling Bullish Sepekan Kemarin:

NoNama SahamKode SahamKinerja 21-25 Okt'18 (%)
1PT Indo Tambangraya Megah TbkITMG10
2PT Barito Pacific TbkBRPT9,19
3PT Charoen Pokphand Indonesia TbkCPIN6,85
4PT Japfa Comfeed Indonesia TbkJPFA4,94
5PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah TbkBTPS3,33
Sumber: Bursa Efek Indonesia (BEI), data diolah

Pada saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), kenaikan terjadi karena emiten tersebut akan membagikan dividen interim Rp 705/saham, setara dengan hasil dividen atau dividen yield sebesar 5,2%. Adapun pencatatan terakhir investor yang berhak mendapat dividen (cum date) tanggal 31 Oktober 2019.


Sedangkan kenaikan pada saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) karena diburu para pelaku pasar karena margin laba dari anak perusahaannya yakni, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) dan Star Energy.


Sedangkan kenaikan pada saham PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) seiring dengan kenaikan harga ayam di pasaran, karena didorong kebijakan pemerintah yang mengurangi jumlah ayam terutama anakan (culling program) mulai bulan September tahun ini.

Sedangkan pada saham PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPS), sedang dinaungi sentimen positif setelah membukukan kenaikan laba bersih pada kuartal ketiga yang mencapai Rp 976 miliar atau naik 40% secara tahunan (year on year).

TIM RISET CNBC INDONESIA (yam/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading