Gokil! Harga CPO Sentuh Angka Tertingggi di Tahun Ini

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
23 October 2019 11:45
Gokil! Harga CPO Sentuh Angka Tertingggi di Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga komoditas minyak sawit mentah (CPO) kontrak pengiriman Januari 2020 melonjak. Harga CPO kontrak di bursa Malaysia Derivatif diperdagangkan di level 2.355 ringgit/ton pada pukul 11.05 WIB atau naik 1,6% dibanding kemarin.

Harga CPO melonjak tajam sejak pertengahan Oktober. Dari 14 Oktober hingga hari ini, harga CPO telah naik 9,2%. Harga CPO hari ini merupakan harga tertinggi di tahun ini.




Permintaan minyak sawit dari China yang tinggi serta mandat untuk menggunakan 30% campuran Biodiesel jadi sentimen penggerak pasar akhir-akhir ini.

Menurut senior analis untuk komoditas agrikultur Rabobank, ada kemungkinan China membeli lebih banyak minyak sawit jika harga jatuh akibat ketegangan antara India dan Malaysia.

Ekspor minyak sawit Malaysia ke China hingga 20 Oktober naik 42% jadi 164.838 ton dari bulan sebelumnya pada periode yang sama, menurut surveyor kargo independen SGS Malaysia Sdn.

Tren bullish ini juga didorong oleh kebijakan Indonesia menaikkan kuota penggunaan minyak sawit untuk biodiesel dan program B30 tahun depan menjadi 45%. B30 mengindikasikan ada campuran 30% minyak biodiesel.

Naiknya harga CPO kontrak pengiriman Januari 2020 ini juga dipicu oleh melemahnya Ringgit mata uang Negeri Jiran terhadap Dolar Amerika Serikat. Pagi ini, Ringgit melemah 0,13% terhadap Dolar AS.

Melemahnya ringgit menyebabkan CPO yang dibanderol mata uang tersebut jadi lebih murah bagi pemegang mata uang asing dan dapat memicu naiknya permintaan dan berpeluang membuat harga naik. 


TIM RISET CNBC INDONESIA
(twg/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading