Analisis Teknikal IHSG

Pelantikan Jokowi Disambut Reli IHSG 6 Hari Berturut-turut

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
18 October 2019 17:57
Pelantikan Jokowi Disambut Reli IHSG 6 Hari Berturut-turut

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat enam hari berturut-turut jelang pelantikan Presiden Joko Widodo. Akhir pekan ini, IHSG ditutup naik 10 poin atau 0,18% pada level 6.191,94 pada perdagangan hari Jumat (18/10/2019).

Antusiasme pelaku pasar untuk masuk pasar saham semakin tinggi dengan peningkatan nilai transaksi sebesar Rp 1,03 triliun menjadi Rp 10,26 triliun dibandingkan transaksi kemarin Rp 9,23 triliun.


Secara teknikal, IHSG dalam tren kenaikan jangka pendeknya. terlihat dari Pola lilin putih (short white candle) yang menggambarkan lanjutan tren tersebut pada penutupan hari ini.

Secara rata-rata, IHSG masih bergerak di atas nilai rata-rata pergerakannya dalam lima hari dan dua puluh hari terakhir (moving average/MA5/MA20), yang dicitrakan dengan garis melintang berwarna hijau dan ungu pada grafik.

Ada potensi IHSG akan kembali naik pada Senin depan, pasalnya indikator teknikal Relative Strength Index (RSI) menunjukkan IHSG masih belum memasuki level jenuh belinya (overbought).

Sumber: Tim Riset CNBC Indonesia, Refinitiv

Sepanjang perdagangan, IHSG sempat mencicipi zona merah tetapi hanya sebentar saja. IHSG memulai perdagangan hari ini dengan kenaikan tipis 0,07% karena sentimen positif dari kondisi global yang membaik, khususnya dari situasi Negeri Ratu Elizabeth yang semakin mendekati kesepakatan Britania Exit (Brexit).

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melalui Twitter miliknya mengatakan "kami memiliki kesepakatan Brexit baru yang hebat". Sementara itu, Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker melalui Twitter miliknya juga berkata bahwa kesepakatan itu "adil dan seimbang".

Sentimen positif tersebut membuat IHSG sesi I ditutup naik 0,13% ke level 6.188,97. Pada perdagangan sesi kedua, IHSG mampu mempertahankan posisinya dengan bergerak di zona hijau hingga akhir perdagangan karena antusias investor domestik menyambut pelantikan Presiden Jokowi periode kedua hari Minggu (20/10/2019) mendatang.

Pada pelantikan presiden Jokowi tahun 2014 lalu bersama Jusuf Kalla, IHSG membukukan kenaikan 600 poin atau 12,2% sejak tanggal 14 Oktober 2014 hingga 7 April 2015.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Baca: Siap-siap! IHSG Bakal Happy Ending, 6 Hari Beruntun Menguat




(yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading