Waspada! Profit Taking Menghantui IHSG Hari Ini

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
18 October 2019 08:53
Waspada! Profit Taking Menghantui IHSG Hari Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivitas perdagangan di bursa saham domestik hari ini masih minim katalis positif. Indeks Harga Saham Gabungan berpotensi melemah pada hari ini karena aksi ambil untung (profit taking) yang semarak setelah ditutup lima hari ditutup di zona hijau.

Kamis kemarin (17/10/2019), IHSG ditutup menguat 0,19% ke level 6.181,01 kala mayoritas bursa saham utama kawasan Asia justru ditransaksikan di zona merah: indeks Nikkei turun 0,09%, indeks Shanghai melemah 0,05%, indeks Straits Times jatuh 0,26%, dan indeks Kospi terkoreksi 0,23%.

Analisis teknikal yang dikemukanan MNC Sekuritas menunjukkan, indikator Stochastic sudah menunjukkan investor jenuh beli atau overbought dan berpotensi ada koreksi pada pergerakan indeks acuan Indonesia tersebut.

"Waspadai aksi profit taking yang akan terjadi pada hari ini. IHSG berpotensi ada koreksi dalam waktu dekat jika gagal menembus resistance 6.200," tulis MNC Sekuritas, Jumat (18/10/2019).


Hari ini, lanjut MNC Sekuritas, IHSG diproyeksikan akan bergerak variatif pada kisaran 6.150 - 6.200.

Phillip Sekuritas mencermati, pelaku pasar hari ini akan mencerna kinerja laporan keuangan emiten pada kuartal III-2019.

Selain itu, pasar juga akan menanti-nanti susunan kabinet untuk dapat tetap meyakinkan investor akan prospek Indonesia 5 tahun mendatang.

"IHSG berpeluang untuk bergerak mixed dengan kecendrungan menguat pada hari ini pada kisaran support 6.144 dan resistance di 6.217," tulis Phillip Sekuritas.

Dari luar negeri, Mega Capital Sekuritas menyoroti kabar Inggris dan Uni Eropa yang akhirnya mencapai kesepakatan soal keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Ini menjadi progres terbaru dari ketidakpastian soal Brexit yang telah berkepanjangan selama sekitar tiga tahun setelah warga Inggris memilih untuk meninggalkan blok tersebut.  (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading