ISAT Lego Ribuan Tower, XL Axiata Ikutan Jual 4.500 Menara

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
16 October 2019 14:38
ISAT Lego Ribuan Tower, XL Axiata Ikutan Jual 4.500 Menara

Jakarta, CNBC Indonesia - Manajemen emiten telekomunikasi Grup Axiata Berhad, PT XL Axiata Tbk (EXCL) angkat suara mengenai rencana perseroan menjual 4.500 menara karena dinilai sudah tidak strategis lagi.

Sekretaris Perusahaan XL Axiata, Tri Wahyuningsih menjelaskan pihaknya belum menentukan kapan tenggat waktu penjualan menara tersebut.

"Untuk waktunya belum ditentukan, tidak dalam waktu dekat," kata Tri Wahyuningsih, saat dikonfirmasi CNBC Indonesia, Rabu (16/10/2019) di Jakarta.



EXCL sebelumnya menyampaikan sedang dalam tahap persiapan menjual beberapa menara BTS (base tranceiver station) yang dianggap tidak lagi strategis dan ketergantungan penggunaan jaringan atas menara tersebut sudah berkurang.

Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajuddin mengatakan perusahaan saat ini masih memiliki 4.500 tower dan berencana menjual beberapa dari jumlah tersebut.

"Kami sedang merencanakan menjual tower ini, tapi kami masih dalam tahap persiapan. Kapan? Kalau bisa secepatnya tapi belum bisa dipastikan waktunya, pada waktu yang tepat nantinya," kata Adlan di kantornya, Kamis (5/9/2019).

Presiden Direktur EXCL Dian Siswarini sebelumnya mengatakan perusahaan tidak langsung menjual sisa tower tersebut karena dinilai masih strategis. Namun seiring ekspansi jaringan yang dilakukan, perusahaan tidak lagi bergantung pada tower ini sehingga bisa dijual.


Melansir laporan keuangan EXCL disebutkan bahwa pada tahun 2014, EXCL telah menjual menara ke pada PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) dan pada 2016 ke PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo), anak usaha PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). Total menara BTS yang dijual pada periode tersebut mencapai 6.000 unit.

Data Bursa Efek Indonesia mencatat, pada Rabu ini, pukul 14.33 WIB, saham EXCL stagnan di level Rp 3.530/saham dengan catatan beli bersih asing (net buy) sebesar Rp 1,23 miliar. Year to date, saham EXCL melesat 78% sejak awal tahun. Kapitalisasi pasar XL saat ini Rp 37,73 triliun.

Sebelumnya, emiten telekomunikasi lainnya yakni PT Indosat Tbk (ISAT) sudah meneken perjanjian penjualan 3.100 menara kepada Grup Sarana Menara dan Telkom. Proses penyelesaian transaksi penjualan 3.100 menara senilai Rp 6,39 triliun dengan Grup Sarana Menara dan Telkom itu diharapkan selesai akhir tahun.

Selasa kemarin, manajemen Indosat resmi mengumumkan telah menjual sebanyak 3.100 menara kepada Protelindo, anak usaha
TOWR dan Mitratel, anak usaha Telkom.

 

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading