Dana Repatriasi Amnesty Bisa Cabut, Apa Kata Pelaku Pasar?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
08 October 2019 15:33
Dana Repatriasi Amnesty Bisa Cabut, Apa Kata Pelaku Pasar?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pelaku pasar menilai kemungkinan akan ada arus modal keluar (capital outflow) di Indonesia yang berasal dari dana repatriasi, namun tak ada kekhawatiran bahwa dana ini akan keluarnya seluruhnya. Sebab, berinvestasi di Indonesia dinilai masih menarik diantara beberapa negara emerging market lainnya.

Presiden Direktur DBS Vickers Sekuritas Indonesia Hendra Purnomo mengatakan outflow investasi mungkin akan terjadi namun dilakukan dalam rangka mendiversifikasi portofolio investasi. Namun hal ini diperkirakan tak akan terjadi secara signifikan.

"Outflow mungkin ada untuk diversify investor portfolio but not significant. But, kalau ada faktor lainnya seperti macro, politic condition, etc because ada factor snow ball efek. Jadi bukan semata-mata gara-gara masa holding period expired," kata Hendra kepada CNBC Indonesia, Selasa (8/10/2019).


Lebih lanjut, dia menyebutkan meski saat ini asing masih mencatatkan aksi jual bersih di pasar saham, namun sekuritas ini menilai asing masih tertarik masuk ke Indonesia. Sektor yang menjadi tujuan asing saat ini adalah sektor teknologi dan sektor riil.

"So not make sense kalau dana repatriasi langsung dibawa keluar semua," imbuhnya.

Belakangan muncul kekhawatiran pasar bahwa dana repatriasi sudah habis holding period-nya di tahun ini. Hal ini akan menyebabkan kemungkinan bakal terjadi arus modal keluar (capital outlflows) karena dana repatriasi sudah boleh dibawa keluar.

Repatriasi adalah dana yang kembali ke Indonesia dan diinvestasikan di dalam negeri. Pemerintah menetapkan dana itu tidak boleh di bawa lagi ke luar negeri minimal tiga tahun. Periode ini disebut dengan lock-up atau holding period.

Total dana repatriasi yang masuk pada akhir 2016 mencapai Rp 140,5 triliun. Nilai inilah yang ditakutkan pasar akan menjadi capital outflow hingga akhir tahun nanti. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading