Belum Kelar Telkom Akuisisi Bhinneka, Ini Updatenya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 October 2019 14:35
Telkom saat ini masih melakukan pengkajian terkait rencana mencaplok mayoritas saham di perusahaan ecommerce tersebut.
Jakarta, CNBC Indonesia - Langkah PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) yang berniat mengakuisisi perusahaan e-commerece, bhinneka.com, masih terus bergulir. Meski belum tercapainya kesepakatan antara kedua belah pihak, namun Telkom saat ini masih melakukan pengkajian terkait rencana mencaplok mayoritas saham di perusahaan e-commerce tersebut.

Direktur Keuangan Telkom Indonesia Harry Mozarta Zen mengatakan masih menunggu hasil kajian rencana akuisisi tersebut. Namun tak menyebutkan kapan target akuisisi tersebut akan dirampungkan.

"Bhinneka belum ada ini (progres) lagi, kita masih. Tunggu lah ya, masih terus dikaji sama tim kita," kata Harry di Kementerian BUMN, Kamis (3/10/2019).

Sebelumnya beredar kabar bahwa Telkom akan mengakuisisi 51% saham salah satu perusahaan e-commerce, yakni Bhinneka, kendati Telkom sudah memiliki usaha di sektor ini di bawah label Blanja.com (kerja sama antara Telkom Indonesia dan eBay).


Bhinneka didirikan Hendrik Thio, Nicholas, Johannes, Darsono, serta Tommy pada tahun 1993. Fokus bisnisnya distribusi dan penjualan produk-produk IT.

Krisis ekonomi 1997-1998 membuat Bhinneka berubah model bisnis menjadi toko online. Saat ini Bhinneka menerapkan model bisnis online to offline (O2O) dengan memiliki beberapa gerai fisik.

Telkom sendiri memiliki anak usaha e-commerce bernama Blanja.com. Ini adalah toko online kerja sama dengan eBay. Telkom juga punya anak usaha modal ventura bernama MDI Ventures.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading