Jadi Bos Unilever, Punya Gengsi & Bergaji Hingga Rp 420/juta

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
26 September 2019 12:35
Keberadaannya sebagai perusahaan multi nasional juga menjadi gengsi tertentu yang membuat banyak orang ingin bekerja di perusahaan ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kelly Services merilis survei gaji para pekerja di Indonesia yang bertajuk "Indonesia 2019 Salary Guide". Salah satu industri yang dibidik adalah sektor barang konsumsi atau Fast Moving Consumer Goods (FMCG).

Dalam riset tersebut, nominal gaji yang ditawarkan perusahaan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan pelamar untuk memutuskan bergabung dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dengan tawaran gaji dan benefit finansial yang kompetitif umumnya banyak menjadi incaran.

Alhasil, perusahaan dengan gaji tinggi juga memiliki daya tawar besar sehingga berhasil menampung talenta dengan kualifikasi di atas rata-rata. Hasil survei tersebut juga diperkuat dengan temuan beban imbalan kerja jangka pendek yang didistribusikan pada salah satu Fast Moving Consumer Goods (FMCG) kenamaan Tanah Air, yakni .


Merujuk pada riset Kelly Services yang bertajuk "Indonesia 2019 Salary Guide" perusahaan yang masuk kategori FMCG menawarkan kisaran gaji yang cukup besar dibandingkan dengan perusahaan lain di industri layanan produk dan jasa konsumen.

Jadi Bos Perusahaan , Bisa Digaji Hingga Rp 420 JtFoto: Dok Kelly Service


Dari tabel di atas terlihat bahwa posisi manajemen kunci dalam hal ini dewan direksi dengan pengalaman kerja lebih dari 15 tahun, memiliki range gaji mulai dari Rp 150 juta - Rp 315 juta per bulan. Sedangkan untuk posisi pimpinan teratas, yakni Presiden Direktur dapat memperoleh kisaran Rp 210 juta - Rp 420 juta per bulan.

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) merupakan salah satu perusahaan besar dan profitable bergerak di industri barang konsumsi. Keberadaannya sebagai perusahaan multi nasional juga menjadi gengsi tertentu yang membuat banyak orang ingin bekerja di perusahaan ini.

Di pasar modal, nilai kapitalisasi Unilever Indonesia mencapai Rp 356,51 triliun. Nilai asset perusahaan ini tercatat mencapai Rp 21,83 triliun.

Ini membuat sebagian orang bertanya berapa besaran gaji seorang bos di perusahaan sekelas Unilever Indonesia? Melansir laporan keuangan perusahaan per 30 Juni 2019, tercatat jumlah kompensasi gaji, tunjangan, dan bonus yang diberikan pada 11 orang anggota dewan direksi UNVR mencapai Rp 58,01 miliar, di mana tunjangan fasilitas perumahan termasuk kompensasi yang diberikan.

Dengan mengasumsikan bahwa benefit finansial di atas merupakan kompensasi dalam 6 bulan, maka secara rata-rata setiap direksi UNVR memperoleh benefit finansial sebesar Rp 878,98 juta tiap bulannya atau sekitar 439,49 juta/bulan, jika bonus tersebut diperhitungkan dalam setahun.

Besaran gaji yang diterima bos-bos Unilever tersebut tidak jauh berbeda dengan kisaran gaji yang diperoleh dari hasil survei oleh Kelly Service. Pasalnya nilai tunjangan dan bonus jika digabungkan umumnya 2 kali lipat lebih besar dari gaji.

Bekerja di Bidang IT Dengan Gaji Rp 40 Juta, Siapa Minat?
[Gambas:Video CNBC]

(dwa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading