Produksi Naik, Ekspor Turun, Harga CPO Berpotensi Terkoreksi

Market - Tirta Citradi, CNBC Indonesia
24 September 2019 10:37
Produksi Naik, Ekspor Turun, Harga CPO Berpotensi Terkoreksi
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga komoditas minyak sawit mentah (CPO) dibuka turun di perdagangan hari ini. Ke depan, harga komoditas ini masih berisiko turun lagi.

Pada Selasa (24/9/2019), harga CPO di bursa Malaysia dibuka di RM 2.180/ton. Turun 0,4% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.




Menurut seorang trader di Kuala Lumpur, harga komoditas minyak sawit mentah kembali turun karena peningkatan produksi yang dibarengi penurunan ekspor. Pengiriman minyak sawit mentah periode 1-20 September juga turun 3,9-10,8% dibanding bulan sebelumnya, menurut data dari surveyor kargo.

Sementara itu, produksi meningkat 4,6% pada Agustus dibandingkan Juli. Produksi Agustus mencapai 1,82 juta ton. Jumlah produksi ini merupakan yang tertinggi sejak November tahun lalu, menurut Malaysian Palm Oil Board (MPOB).

Menurut rilis laporan Tinjauan Kebijakan Moneter Bank Indonesia (TKMBI) bulan September 2019, harga komoditas minyak sawit mentah masih berpotensi besar untuk turun. Hal tersebut diakibatkan oleh perbaikan permintaan yang tidak sesuai ekspektasi walau pasokan terutama di Indonesia menurun seiring dengan kekeringan di sejumlah wilayah karena El Nino. 



TIM RISET CNBC INDONESIA


(twg/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading