Tunggu RUPSLB BRI, Saham Bank BUMN Memerah

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
02 September 2019 14:52
Tunggu RUPSLB BRI, Saham Bank BUMN Memerah
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham-saham bank BUMN masih melemah pada perdagangan Senin ini (2/9/2019). Hanya satu yang sahamnya menguat yakni PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) yang baru menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pekan lalu.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, pada pukul 14.38 WIB, saham tiga bank BUMN amblas. Saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) melemah 1,17% di level Rp 4.220/saham. Asing lepas saham Bank BRI sebesar Rp 28,40 miliar di semua pasar.

Saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) juga minus 1,03% di level Rp 7.175/saham, dengan net buy asing Rp 1,13 miliar di pasar negosiasi dan tunai. Adapun di pasar reguler, asing malah keluar Rp 5,93 miliar hari ini.



Berikutnya saham PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) juga minus 0,32% di level Rp 7.675/saham, dengan net buy asing Rp 10,88 miliar di pasar reguler, sementara di pasar negosiasi dan tunai asing keluar Rp 4,12 miliar.

Di sisi lain, hanya saham BBTN yang masih menghijau sendirian yakni 1,50% di level Rp 2.030/saham. Asing keluar di saham Bank BTN hari ini Rp 12,22 miliar di semua pasar.

Pada Senin ini, Bank BRI dijadwalkan menggelar RUPSLB dan menjadi rangkaian terakhir RUPSLB bank bumn yang sudah diselenggarakan sejak 28 Agustus pekan lalu. RUPSLB bank BUMN pertama yang digelar yakni Bank Mandiri yang masih aman terkendali.

Namun pada RUPSLB Bank BTN 29 Agustus, hasil RUPSLB ternyata memicu gejolak ketika Suprajarto, Dirut Bank BRI yang ditunjuk menggantikan Maryono sebagai Dirut Bank BTN menolak jabatan tersebut dan mengundurkan diri.

Untuk sementara jabatan Plt Dirut Bank BRI dijabat Sunarso yang sebelumnya menjabat Wakil Direktur Utama Bank BRI.

"Tadi [Jumat] pagi dewan komisaris juga tanya, kan [komisaris] minta supaya ada surat dari kami untuk menunjuk Plt-nya. Pak Sunarso Plt
kan wakil dirut [Bank BRI]," kata Deputi Bidang Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain Kementerian BUMN, Gatot Trihargo kepada awak media, di Jakarta Jumat (30/08/2018).


(tas/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading